Petinggi Barcelona Sebut Xavi Masih Kurang Pengalaman untuk Jadi Pelatih

Richard Andreas | 5 Februari 2020, 11:40
Xavi ketika memperkuat Al Sadd (c) AP Photo
Xavi ketika memperkuat Al Sadd (c) AP Photo

Bola.net - Polemik pengganti Ernesto Valverde sempat mengganggu Barcelona pada Januari 2020 lalu. Usai membuat kejutan dengan memecat Valverde, Barca menghadapi tantangan besar untuk memilih pengganti yang tepat.

Ada banyak nama calon yang disuarakan. Mulai dari Ronald Koeman, Mauricio Pochettino, Massimiliano Allegri, bahkan Xavi Hernandez. Namun, pada akhirnya justru Quique Setien yang dipilih, mantan pelatih Real Betis.

Keputusan memilih Setien pun tetap mengejutkan, khususnya karena Barca mengabaikan Xavi. Pelatih Al-Sadd itu dianggap sebagai kandidat yang lebih baik, mengingat riwayatnya sebagai pemain.

Kini, Eric Abidal selaku direktur olahraga Barca menjelaskan sebaik mungkin alasan tidak memilih Xavi. Apa katanya?

Baca halaman berikutnya ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Bocor Lebih Dahulu

Barca sempat dikecam karena rumor Xavi mencuat ketika Valverde masih bekerja, perlakuan ini dianggap menyakiti Valverde. Namun, Abidal menegaskan bahwa rumor itu merupakan permainan media sepenuhnya.

Dia memang bertemu dengan Xavi, tapi tidak ada diskusi berlebih. Mereka hanya bicara tanpa menyodorkan tawaran apa pun.

Ketika ditanya apakah terganggu dengan spekulasi Xavi, kepada Sport Abidal menjawab: "Terganggu? Tidak. Saya melakukan pekerjaan saya. Saya terus mendekati sejumlah pelatih dan tidak ada satu pun yang bocor."

"Jika memang bocor, saya tetap bekerja seperti biasa. Mustahil mendatangkan pelatih tanpa bicara padanya. Setelah itu, yang bocor biarlah bocor."

2 dari 2 halaman

Kurang Pengalaman

Lebih lanjut, Abidal memahami kekecewaan gagal mendapatkan Xavi. Namun, dia merasa bahwa Xavi masih belum cukup pengalaman. Xavi akan pulang, tapi tidak pasti kapan.

"Dia [Xavi] tidak punya pengalaman sebanyak itu. Memang benar dia berasal dari sini. Ini bisa jadi momen untuknya, atau tidak," sambung Abidal.

"Klub bertaruh dengan memilih Quique Setien untuk dua tahun ke depan dan kami sangat memercayai dia."

"Pintu untuk Xavi selalu terbuka. Saya tidak tahu apakah saya masih berada di sini, tapi Barca akan selalu membuka pintu untuknya," tandasnya.

Sumber: Sport

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR