BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pertanyaan untuk Quique Setien: Kapan Ansu Fati, Lionel Messi, dan Griezmann Main Barsama?

11-02-2020 10:52 | Asad Arifin

Pelatih Barcelona, Quique Setien (c) AP Photo Pelatih Barcelona, Quique Setien (c) AP Photo

Bola.net - Quique Setien menghadapi pilihan yang dilematis di Barcelona. Dan, dia memilih memainkan dua penyerang dan tidak melirik opsi memainkan Ansu Fati, Lionel Messi, dan Antoine Griezmann secara bersamaan.

Quique Setien sempat memakai formasi dasar 4-3-3 pada laga Barcelona lawan Levante, 3 Februari lalu. Pada laga di Camp Nou tersebut, Barcelona menang dengan skor 2-1. Ansu Fati mencetak dua gol.

Di laga sebelumnya, ketika menang 5-0 atas Leganes di Camp Nou, Quique Setien juga bermain dengan formasi 4-3-3. Formasi ini memang menjadi pakem bermain Barcelona dalam beberapa tahun terakhir.

Pada laga di atas, lawan Levante dan Leganes, Quique Setien memainkan trio Ansu Fati, Lionel Messi, dan Antoine Griezmann bersama. Barcelona mampu tampil menyerang, tajam dan mencetak tujuh gol ke gawang lawan.

1 dari 2 halaman

Quique Setien Berganti Pakai 4-3-1-2

Pasca meraih sukses dengan formasi 4-3-3, Quique Setien membuat kejutan dengan mengubah formasi pada dua laga terakhir, lawan Athletic Bilbao dan Real Betis. Quique Setien memilih formasi 4-3-1-2 sebagai formasi awal.

Hasil yang didapat, Barcelona kalah dari Athletic Bilbao dengan skor 1-0 dan tersingkir dari Copa del Rey. Saat berjumpa Real Betis, Barcelona menderita sebelum diselamatkan Lionel Messi dan menang 2-3.

Pada dua laga terakhir, Quique Setien sama sekali tidak mencoba formasi 4-3-3 yang terbukti sukses. Dia tidak berani memainkan Ansu Fati, Lionel Messi, dan Antoine Griezmann bersama lagi. Hanya dua penyerang tengah saja.

Sebagai gantinya, Quique Setien mendorong Frenkie de Jong dan Arturo Vidal untuk lebih dekat dengan kotak penalti.

Pada laga melawan Bilbao, Quique Setien memainkan duel Messi dan Ansu Fati. Griezmann dimainkan di babak kedua menggantikan Ansu Fati. Pada laga kontra Betis, Messi berudet dengan Griezmann dan Ansu Fati duduk manis di bangku cadangan.

2 dari 2 halaman

Krisis Penyerang di Barcelona

Keputusan Quique Setien memakai formasi 4-3-1-2 memang terbilang janggal. Akan tetapi, jika melihat krisis pemain depan yang terjadi, opsi tersebut menjadi sangat masuk akal bagi pelatih berusia 61 tahun.

Quique Setien harus kehilangan tiga pemain depannya. Luis Suarez cedera lutut dan absen untuk waktu lama. Carles Perez dilepas ke AS Roma pada bursa transfer. Terbaru, Ousmane Dembele mengalami cedera dan harus dioperasi.

Praktis, hanya tiga penyerang yang dimiliki Quique Setien: Lionel Messi, Ansu Fati, dan Antoine Griezmann. Quique Setien harus jeli memainkan mereka. Apalagi, jadwal padat Liga Champions sudah menanti. Quique Setien harus memberi porsi yang tepat agar mereka tidak kehabisan tenaga.

Sumber: Marca

KOMENTAR

Kemenangan Penuh Rekor Liverpool dengan Tim Muda di Piala FA