BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Perpisahan Pahit Madrid-Ronaldo: Masih Butuh Satu Sama Lain

10-08-2020 11:40 | Richard Andreas

Ronaldo dan Zidane. (c) AFP Ronaldo dan Zidane. (c) AFP

Bola.net - Terkadang perpisahan menyulitkan dan merugikan bagi kedua pihak. Itulah yang terjadi pada Real Madrid dan Cristiano Ronaldo, yang berpisah pada tahun 2018 lalu.

Bertahun-tahun sebelumnya, Ronaldo dan Madrid adalah pasangan sempurna di Liga Champions. Kombinasi ini meraih empat trofi bersama, tiga di antaranya diraih secara beruntun.

Kini, situasinya tak lagi sama. Ronaldo meninggalkan Madrid untuk Juventus, rumah baru yang ternyata tidak bisa langsung cocok dengan dia.

Madrid pun demikian, kehilangan pemain sebesar Ronaldo secara instan berdampak pada kestabilan klub. Sekarang Los Blancos masih dalam pencarian megabintang baru.

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Kegagalan Juve

Ronaldo tiba di Juve musim lalu, dan sebenarnya dia sudah tampil cukup baik. Dia meraih dua gelar Serie A dan satu trofi Supercoppa Italiana. Namun, Ronaldo gagal menjuarai Coppa Italia, apalagi Liga Champions.

Musim lalu, Juve tersingkir di perempat final Coppa Italia dan Liga Champions. Musim ini mereka berhasil mencapai final Coppa Italia, tapi gagal di adu penalti, dan di Liga Champions Juve tersingkir di 16 besar.

Singkatnya, Ronaldo belum benar-benar memenuhi ekspektasi. Juve mendatangkannya untuk meraih trofi Liga Champions, bukan kompetisi domestik saja yang sudah bertahun-tahun dikuasai Juve secara beruntun.

2 dari 3 halaman

Nasib Madrid

Real Madrid pun tidak lebih baik dari Ronaldo. Los Blancos gagal di 16 besar Liga Champions dua musim terakhir, di hadapan Ajax pada musim 2018/19 dan di depan Manchester City musim ini.

Tercatat, ini adalah laju terburuk Madrid di Liga Champions sejak musim 2004/05 dan 2005/06 beruntun. Mereka masih tangguh, tapi tidak punya pemain pembeda dalam duel krusial di panggung Eropa.

Musim ini Madrid berhasil menjuarai La Liga dan Supercopa de Espana. Dua trofi bergengsi, tapi mungkin tak seindah Liga Champions bersama Ronaldo.

3 dari 3 halaman

Mencari pengganti

Sudah cukup jelas bahwa baik Madrid dan Ronaldo kesulitan tanpa satu sama lain. Mereka pun masih mencari solusi yang terbaik.

Teranyar, kabarnya Ronaldo mulai mempertimbangkan kepergian dari Juventus. Dia mulai tertarik bergabung dengan PSG, yang mungkin bisa menyediakan tim yang lebih baik.

Madrid, di sisi lain, berusaha memaksimalkan potensi Eden Hazard. Seharusnya Hazard bisa jadi pengganti yang tepat untuk Ronaldo.

Sumber: Marca

KOMENTAR