BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Perjalanan Karier Pjanic: Bintang Juventus, Gagal di Barcelona, Kini Bela Besiktas

03-09-2021 08:33 | Richard Andreas

Miralem Pjanic merayakan golnya pada pertandingan Juventus vs Bologna di Serie A, Minggu (20/10/2019). (c) AP Photo
Miralem Pjanic merayakan golnya pada pertandingan Juventus vs Bologna di Serie A, Minggu (20/10/2019). (c) AP Photo

Bola.net - Miralem Pjanic memilih melanjutkan kariernya bersama Besiktas, salah satu tim terbesar Turki. Unuk pemain yang pernah jadi bintang Juventus, apa yang terjadi dengan Pjanic?

Kualitas Pjanic tidak perlu diragukan. Dia pernah jadi salah satu gelandang terbaik Juventus yang bertanggung jawab mengontrol tempo permainan.

Gol-gol Pjanic juga cukup banyak untuk ukuran gelandang, Dia banyak membantu tim baik ddengan gol maupun dengan assists.

Artinya, Pjanic seharusnya masih bisa bersaing di level top. Lantas apa yang membuat kariernya merosot drastis?

1 dari 3 halaman

Dari Juventus ke Besiktas

Pjanic meninggalkan Juventus pada tahun 2020 lalu. Dia jadi bagian dari skema transfer pertukaran pemain dengan Arthur Melo.

Saat itu fans Juve berang dan mengkritik keras klub karena telah melepas salah satu gelandang terbaik mereka. Namun, melihat performa Pjanic di Barca, Juve diyakini telah melihat kemerosotan Pjanic sejak awal.

Betapa tidak, Pjanic pernah jadi bintang Juventus selama 4 tahun. Lalu tiba-tiba Juve melepasnya ke Barca dan kini dia harus bermain di Liga Turki.

Bukan berarti Besiktas klub buruk, tapi tentu Turki tidak termasuk dalam liga-liga top Eropa.

2 dari 3 halaman

Gagal di Barca

Pjanic dianggap gagal total di Barcelona. Dia tidak bisa menyesuaikan diri dengan gaya bermain Barca dan tidak cocok dengan pemain-pemain lainnya.

Ronald Koeman diyakini sudah memberi kesempatan untuk Pjanic. Sayangnya, Pjanic tidak pernan tampil memuaskan dalam kesem-patan kesempatan tersebut.

Semusim membela Barca, Pjanic mencapai total 30 penampilan dengan rincian sebagai berikut:

  • Liga: 19
  • Champions League: 8
  • Copa del Rey: 1
  • Spanish Super Cup: 2

Meski tampak cukup banyak, sebenarnya sebagian besar Pjanic tampil sebagai pengganti, bukan sebagai starter. Ini pertanda bahwa kariernya di Barca tidak terlalu baik

3 dari 3 halaman

Karier Pjanic

Perjalanan karier Pjanic sebenarnya cukup apik, khususnya pada masa-masa dia bermain di Italia. Dia direkrut AS Roma dari Lyon pada tahun 2011.

Pjanic membela Roma selama 5 tahun, lalu membela Juventus selama 4 tahun, setahun di Barcelona, dan kini bersama Besiktas. Bisakah Pjanic menyelamaatkan kariernya?

Sumber Transfermarkt, Bola

KOMENTAR