BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pengganti Luis Suarez, Quique Setien Promosikan 2 Pemain La Masia. Siapa Saja?

17-01-2020 10:52 | Asad Arifin

Penyerang muda Barcelona, Abel Ruiz, ketika tampil pada laga pramusim 2019/2020. (c) AP Photo Penyerang muda Barcelona, Abel Ruiz, ketika tampil pada laga pramusim 2019/2020. (c) AP Photo

Bola.net - Pelatih Barcelona, Quique Setien, punya satu tugas berat yang harus segera diselesaikan yakni mencari pengganti Luis Suarez. Alih-alih membeli pemain baru, Quique Setien mempromosikan dua pemain La Masia.

Luis Suarez memberi kabar buruk untuk Quique Setien. Sebab, pemain asal Uruguay tersebut mengalami cedera lutut kanan yang cukup parah. Bahkan, Luis Suarez harus menjalani operasi untuk proses penyembuhan.

Luis Suarez dipastikan absen untuk waktu yang lama karena cedera lututnya. Sesuai dengan jadwal, El Pistolero bakal absen selama empat bulan. Bisa dipastikan Luis Suarez absen pada sebagian besar sisa laga Barcelona musim ini.

Kehilangan Luis Suarez bakal menjadi pukulan telak untuk Quique Setien. Sebab, selama ini Luis Suarez menjadi pilar penting di lini depan. Dia menjadi mesin gol sekaligus rekan duet ideal bagi Lionel Messi.

1 dari 3 halaman

Quique Setien Promosikan 2 Pemain Muda

Striker Barcelona, Luis Suarez (c) AP Photo Striker Barcelona, Luis Suarez (c) AP Photo

Dampak dari cedera Luis Suarez, Barcelona sempat dikabarkan akan turun ke bursa transfer pemain pada Januari 2020 ini. Sederet penyerang top Eropa masuk bidikan. Salah satunya Lataro Martinez dari Inter Milan.

Hanya saja, Lautaro Martinez memilih untuk tetap setia bersama Inter Milan. Penyerang asal Argentina itu merasa sangat nyaman berada di Inter Milan dan memilih bertahan. Dia tidak ingin pindah ke Barcelona.

"Hari ini, saya membela Inter. Saya sangat bahagia d sini, orang-orang mencintai saya. Jika ada rumor [transfer] seperti ini, maka itu berarti bahwa saya bermain bagus," ujar Lautaro kepada TyC Sports.

Membeli pemain baru rupanya belum masuk dalam agenda Quique Setien. Sebagai pengganti Luis Suarez, dia telah mempromosikan dua pemain muda jebolan La Masia yakni Abel Ruiz dan Alejandro Marques. Keduanya disiapkan tampil lawan Granada akhir pekan ini.

2 dari 3 halaman

Siapa Abel Ruiz?

Abel Ruiz akan berusia 20 tahun pada 28 Januari 2020 yang akan datang. Dia bisa bermain sebagai penyerang tengah dan winger. Abel Ruiz menjalani pemain utama di Barcelona B pada musim 2019/2020 ini.

Dari 17 laga yang dimainkan di Segunda B, Abel Ruiz telah mencetak tiga gol untuk Barcelona B. Abel Ruiz sempat bergabung dengan tim utama Barcelona pada tur pramusim dan mendapat banyak pujian atas aksinya di atas lapangan.

Abel Ruiz sudah menjalani debut untuk tim senior pada musim 2018/2019 lalu. Abel Ruiz dimainkan pada laga kontra Getafe, 12 Mei 2019. Selama 21 menit di atas lapangan, Abel Ruiz tidak mampu mencetak gol maupun assist.

Abel Ruiz sudah menjadi pilar timnas Spanyol di level U-17 dan U-19. Abel Ruiz membawa Spanyol menjadi juara Euro U-17 2017 dan Euro U-19 2019. Abel Ruiz juga membawa Barcelona juara UEFA Youth League [Liga Champions kelompok usia] 2017/2018.

3 dari 3 halaman

Profil Alejandro Marques

Alejandro Marques berasal dari angkatan yang sama dengan Abel Ruiz di La Masia. Hanya saja, pemain berusia 19 tahun tersebut belum mendapatkan kesempatan debut di tim senior Barcelona.

Alejandro Marques lahir di Venezuela, tetapi membela Spanyol U-19. Sama seperti Abel Ruiz, Alejandro Marques menjadi juara di Euro U-19 2019 dan UEFA Youth League 2017/2-18 lalu.

Alejandro Marques masih punya kontrak dengan Barcelona hingga 30 Juni 2020. Pihak Barcelona kini tengah berupaya untuk memberikan kontrak baru kepada pemain yang merayakan ulang tahun ke-20 pada 4 Agustus 2020 yang akan datang.

Sumber: Marca

KOMENTAR