BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Penampakan Formasi Bercelona Dengan Hadirnya Sergino Dest

02-10-2020 06:30 | Dimas Ardi Prasetya

Sergino Dest resmi bergabung dengan Barcelona (c) FC Barcelona Sergino Dest resmi bergabung dengan Barcelona (c) FC Barcelona

Bola.net - Barcelona resmi mendatangkan Sergino Dest dan inilah penampakan formasi Blaugrana dengan kehadiran pemain 19 tahun itu.

Hari Kamis (01/10/2020), Barcelona baru saja resmi mendapat amunisi baru yakni Sergino Dest. Ia dibeli dari klub Ajax Amsterdam.

"FC Barcelona telah mencapai kesepakatan dengan Ajax terkait transfer Sergino," buka pernyataan resmi Barcelona.

Mereka membayar sekitar 21 juta Euro ke Ajax Amsterdam untuk mengamankan jasa sang bek sayap. Namun jumlah ini bisa bertambah lima juta Euro dalam bentuk bonus.

Pemain asal Amerika Serikat ini mendapat kontrak jangka panjang. Ia akan bermain di Camp Nou hingga tahun 2025 mendatang.

Sergino Dest akan sangat menguntungkan Barcelona. Sebab ia bisa dimainkan di beberapa posisi berbeda.

Jadi seperti apa formasi Barcelona dengan dengan kehadiran Sergino Dest ini? Berikut penampakannya.

1 dari 4 halaman

4-2-3-1

Ini adalah formasi yang dipakan oleh Ronald Koeman saat ini. Dengan formasi ini, Sergino Dest akan menempati posisi aslinya.

Ia akan bermain sebagai full back kanan. Sebelumnya di Ajax Amsterdam, ia telah bermain sebanyak 70 kali di posisi tersebut.

Sumbangsihnya dalam menyerang lumayan bagus. Ia mencatatkan tiga gol dan 10 assist.

 (c) Buildlineup (c) Buildlineup

Bagusnya bagi Barca, hadirnya Sergino membuat Sergi Roberto ditempatkan di pos lain. Salah satunya sebagai gelandang bertahan.

Ia bisa menjadi partner bagi Frenkie de Jong, menggantikan Sergio Busquets. Atau bisa juga bersama dengan Miralen Pjanic. Gelandang jangkung ini sendiri sepertinya belum bisa beradaptasi sepenuhnya dengan taktik Koeman dan mendapat banyak kritikan meski Blaugrana sebelumnya menggilas Villarreal dengan skor 4-0.

2 dari 4 halaman

4-2-3-1

Kali ini Barcelona memang masih memakai formasi yang sama seperti sebelumnya. Akan tetapi Kali ini Sergino Dest bisa ditempatkan di pos lain.

Ia akan ditempatkan di posisi yang berseberangan dengan sebelumnya, fullback kiri. Sergino sendiri sebelumnya memang kerap bermain di posisi tersebut di Ajax Amsterdam.

 (c) Buildlineup (c) Buildlineup

Dari situs Transfermarkt, Sergino tercatat 22 kali bermain di posisi tersebut. Ia menyumbangkan dua assist dan dua gol.

Opsi ini sendiri akan akan dipakai jika memang Barcelona butuh mengistirahatkan Jordi Alba. Khususnya jika Blaugrana tak mendatangkan bek kiri baru.

3 dari 4 halaman

4-3-3

Pakem lama Barcelona. Memang bukan pilihan utama Ronald Koeman.

Akan tetapi ia sempat menjajalnya pada laga-laga pra musim sebelumnya. BIsa jadi suatu saat nanti ia akan memakainya lagi di laga resmi.

Nah, dalam formasi ini, Sergino Dest bisa dimainkan sebagai winger kiri. Ia memang pernah juga dimainkan di posisi tersebut.

 (c) Buildlineup (c) Buildlineup

Total ia main sebanyak tujuh kali di posisi tersebut. Ia berhasil mencatatkan dua assist dan dua gol.

Ia bisa menjadi alternatif lain jika Ansu Fati diistirahatkan. Memang masih ada Ousmane Dembele, namun ia bisa jadi akan dipinjamkan atau seperti kasus sebelumnya, ia akan lebih sering menghabiskan waktunya di ruang perawatan karena kerap cedera.

4 dari 4 halaman

4-2-3-1

Kembali ke pakem sebelumnya. Kali ini Sergino Dest tak akan bermain di posisi bek lagi.

Ia juga tak akan bermain di sektor sayap kiri. Kali ini Sergino bisa dimainkan sebagai winger kanan.

 (c) Buildlineup (c) Buildlineup

Sergino memang sempat bermain di posisi itu juga kala di Ajax. Tercatat ia pernah lima kali bermain di posisi tersebut.

Ia mencatatkan satu gol dan dua assist. Sergino bisa dimainkan di posisi ini kala Ronald Koeman mungkin mencoba melakukan rotasi besar dalam skuatnya.

KOMENTAR