BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pelajaran dari Duel Alaves vs Barcelona, Dari Potensi Puig hingga Rekor Messi

20-07-2020 00:45 | Dimas Ardi Prasetya

Lionel Messi ketika berlaga di laga Alaves vs Barcelona. (c) AP Photo Lionel Messi ketika berlaga di laga Alaves vs Barcelona. (c) AP Photo

Bola.net - Ada sejumlah pelajaran yang bisa dipetik dari laga Alaves vs Barcelona di pekan terakhir La Liga di Stadion Mendizorroza, Minggu (19/07/2020) malam.

Barcelona baru saja mengalami kekecewaan besar di jornada 37. Mereka dipastikan kalah bersaing dengan Real Madrid dalam perburuan gelar La Liga.

Pasukan asuhan Quique Setien itu pun bertekad untuk bisa menutup laga terakhir musim ini dengan raihan positif. Ternyata mereka bisa melakukannya.

Barcelona berhasil menang telak 0-5 atas Alaves. Mereka juga tampil apik di pertandingan tersebut.

Gol-gol Barcelona dicetak empat pemain berbeda. Yang pertama adalah Ansu Fati, disusul kemudian Luis Suarez.

Lionel Messi juga mencatatkan namanya di papan skor, bahkan hingga dua kali. Satu pemain terakhir yang ikut mengemas gol adalah bek Nelson Semedo.

Dari pertandingan ini, ada sejumlah pelajaran yang bisa dipetik. Apa saja itu? Simak informasinya di bawah ini Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Kurang Beruntung

Barcelona tampil sangat apik, khususnya pada babak pertama. Pada 45 menit pertama saja, mereka sukses mengemas tiga gol.

Di babak kedua, mereka sukses menambah dua gol. Akan tetapi, Barca mestinya bisa mengemas lebih banyak gol lagi. Mereka cuma kurang beruntung saja.

Sebab ada tiga percobaan tembakan yang akhirnya cuma membentur tiang dan mistar gawang. Tendangan Ansu Fati dan Arturo Vidal, sama-sama membentur mistar, kemudian sepakan Lionel Messi menghantam tiang gawang sebelah kiri.

2 dari 5 halaman

Potensi Puig

Riqui Puig menunjukkan potensi besarnya sekali lagi. Ia membuktikan diri tak canggung bermain dengan para pemain yang lebih senior.

Gelandang berusia 20 tahun ini menunjukkan etos kerja yang jempolan. Ia giat membantu tim dalam bertahan dan menyerang.

Namun tentu bukan hal itu yang benar-benar mengesankan. Yang membuat fans Barca bisa berharap kepadanya adalah ia menunjukkan visi dan ketenangan yang luar biasa untuk bisa menjadi gelandang andalan Blaugrana di masa depan.

Di laga itu, ia memberikan assist pada Messi. Namun sebelumnya, ia sempat nyaris membuat assist lagi dengan umpan terobosannya yang menakjubkan pada Suarez. Sayang, striker 33 tahun itu gagal memanfaatkan peluang yang didapatnya.

Puig kemudian sukses mencatatkan assist lainnya. Kali ini di babak kedua, kepada Nelson Semedo. Puig juga piawai memberikan umpan-umpan panjang.

3 dari 5 halaman

Rekor Messi

Di laga ini, Lionel Messi mencatatkan satu assist. Ia memberikan andil atas gol Ansu Fati.
Sebelumnya Messi sudah mencatatkan 20 assist. Jadi musim ini ia total telah mengemas 21 assist.

Jumlah itu pun membuatnya sukses memecahkan rekor assist dalam semusim di La Liga. Rekor itu sebelumnya dipegang oleh mantan rekannya di Barca, Xavi, yang mengukirnya pada musim 2008-09.

Messi sebelumnya menyamai rekor tersebut di laga lawan Real Valladolid. Satu assistnya di laga itu juga membuatnya jadi pemain pertama di kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Spanyol yang mencatatkan 20 assist dan 20 gol sekaligus dalam semusim.

4 dari 5 halaman

Vidal Bisa Jadi Bek Tengah

Barcelona bermain dengan skuat yang minim pada pertandingan ini. Mereka cuma membawa lima pemain cadangan saja.

Mereka adalah Frenkie de Jong, Martin Braithwaite, Nelson Semedo, Arnau, dan Marc-Andre ter Stegen. Pada menit ke-50, Quique Setien terpaksa harus menarik keluar Lenglet.

Ia menggantinya dengan Nelson Semedo. Setien pun akhirnya harus berimprovisasi. Ia menarik Sergi Roberto ke lini tengah, dan sebagai konsekuensinya, Arturo Vidal dipindahkan ke lini belakang, menemai Araujo.

Hasilnya? Cukup memuaskan. Gelandang asal Chile ini tampil lugas dalam mengawal pertahanan Barca. Ia sempat beberapa kali menghalau ancaman yang datang ke pertahanan timnya dengan sigap.

Ini adalah ketiga kalinya ia bermain sebagai bek tengah. Dalam dua kesempatan sebelumnya, ia bermain di posisi tersebut saat masih di Juventus (2011/12 dan 2013/14).

5 dari 5 halaman

Kans Messi Jadi Top Skor La Liga

Jelang pertandingan ini, Lione Messi sudah mengemas 23 gol. Ia berstatus sebagai top skor sementara La Liga.

Pesaing terdekatnya adalah Karim Benzema. Bomber Real Madrid itu mengemas 21 gol.

Messi kini total mencetak 25 gol berkat dua golnya ke markas Alaves ini. Artinya jika Benzema ingin menyalipnya, ia harus mengemas setidaknya lima gol lawan Leganes.

Messi kini berpeluang besar menjadi El Pichichi. Kini patut ditunggu apakah Benzema bisa mengemas lima gol sekaligus lawan Leganes.

KOMENTAR