BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pekan ke-37 yang Krusial di La Liga: Real Madrid, Barcelona atau Atletico, Siapa Juaranya?

16-05-2021 22:30 | Yaumil Azis

Vinicius Junior mencoba merebut bola dari Lionel Messi (c) AP Photo Vinicius Junior mencoba merebut bola dari Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Premier League telah menemukan sang juara, Manchester City. Begitu juga dengan Serie A yang sudah menetapkan Inter Milan sebagai peraih Scudetto. Berbeda dengan La Liga yang proses perebutan gelarnya masih berlangsung cukup ketat.

Sejauh ini hanya Atletico Madrid, Real Madrid dan Barcelona saja yang punya peluang keluar sebagai juara. Sevilla sempat masuk ke dalam bursa, namun dipastikan tercoret meskipun mampu mengalahkan Valencia di pekan sebelumnya.

Posisi puncak sendiri sedang dikuasai oleh Atletico Madrid yang sudah mengumpulkan 80 poin dari 36 laga. Disusul Real Madrid dengan perolehan 78 angka, kemudian Barcelona di peringkat ke-3 sembari membawa 76 poin.

Jika dilihat secara sekilas, Atletico berada di posisi terdepan dan paling memungkinkan keluar sebagai juara. Namun, sepak bola mengajarkan bahwa semua kemungkinan bisa terwujud. Mari menilik skenario ketiga tim untuk menjadi juara.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Atletico Madrid

Klub asuhan Diego Simeone ini memiliki peluang yang paling besar. Sudah jelas, mereka berada di posisi teratas dan punya keunggulan dua dan empat poin dari para rivalnya. Dua lawan yang tersisa pun, di atas kertas, seharusnya bisa dikalahkan.

Pada Minggu (16/5/2021) malam nanti, Los Rojiblancos bakalan menjamu Osasuna yang sedang menempati peringkat ke-11 di Wanda Metropolitano. Mereka mampu menjadi pemenang pada pertemuan pertama dengan skor meyakinkan, 3-1.

Lalu di pekan terakhir, mereka akan bertandang ke markas Real Valladolid yang sedang berusaha keluar dari zona degradasi. Atletico bisa dipastikan sebagai juara jika bisa mengalahkan Osasuna dan Real Madrid gagal meraih poin penuh di pekan yang sama.

2 dari 3 halaman

Real Madrid

Jika ada tim yang bisa menggagalkan pesta Atletico, bahkan membuat mereka merana, maka Real Madrid jawabannya. Tim besutan Zinedine Zidane tersebut hanya tertinggal dua poin sehingga satu kemenangan bisa membuatnya naik ke puncak.

Skenario di atas bisa terjadi andai Los Merengues mampu mengalahkan Athletic Bilbao di San Mames pada malam ini. Tentunya dengan syarat rival sekotanya menelan kekalahan ketika bertemu Osasuna pada hari yang sama.

Jika skenario di atas terwujud, maka Real Madrid berpeluang keluar sebagai juara setelah mengalahkan Villarreal di pekan terakhir. Skenario terburuknya, mereka kalah dari Blibao dan disalip Barcelona yang memantau dari peringkat ketiga.

3 dari 3 halaman

Barcelona

Kans Barcelona menjadi juara paling kecil di antara ketiga tim di atas. Namun bukan berarti harapan mereka telah dipastikan pupus. Beban Blaugrana terbilang cukup berat karena harus memenangkan dua laga yang tersisa.

Klub besutan Ronald Koeman tersebut bakal bertemu Celta Vigo di Camp Nou bersamaan dengan laga Real Madrid dan Atletico. Tapi setidaknya, Barcelona memiliki modal kemenangan pada pertemuan sebelumnya dengan skor telak 3-0.

Beban Barcelona lebih ringan di pekan terakhir karena hanya bertemu Eibar yang berstatus juru kunci saat ini. Berhubung mereka baru mengumpulkan 76 poin, Barcelona wajib berdoa keras agar Real Madrid dan Atletico kalah di dua laga sisa.

(Marca)

KOMENTAR