BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Paling Tidak Bakal Ada 5-10 Pemain Barcelona yang Cedera di Pekan Pertama Kembalinya La Liga

05-05-2020 05:40 | Richard Andreas

Skuad Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Real Sociedad. (c) AP Photo
Skuad Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Real Sociedad. (c) AP Photo

Bola.net - Klub-klub La Liga diizinkan menggelar latihan bertahap pekan ini. Dengan target kembali bertanding pada pertengahan Juni 2020 nanti, para pemain harus menempuh protokol ketat untuk menjaga kesehatan dalam usaha mencegah serangan virus corona.

Hal yang sama pun berlaku untuk Barcelona. Pihak klub sudah memanggil pulang para pemain yang sebulan terakhir menjalani swakarantina di negara mereka masing-masing.

Sesuai protokol, Lionel Messi dkk. harus menjalani tes Covid-19 begitu tiba di klub. Lalu mereka bakal menempuh latihan bertahap selama satu bulan ke depan, mulai dari latihan individu, latihan kelompok kecil, sampai akhirnya latihan tim secara keseluruhan.

Biar begitu, setelah nyaris dua bulan tidak berlatih intens, kondisi kebugaran para pemain diyakini tidak berada dalam titik optimal. Karena itulah staf medis Barca berani memprediksi cedera 5 sampai 10 pemain pada pekan pertama liga kembali bergulir nanti.

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Internal Memo

Mengutip AS, departemen medis Barca telah membagikan internal memo yang menyoroti kekhawatiran perihal kebugaran para pemain. Optimistis, dalam skenario terbaik, mereka memprediksi bakal ada 5-10 pemain yang diserang cedera.

Artinya kondisi bisa jadi jauh lebih buruk, bisa jadi Barca dihantam badai cedera pada dua pekan pertama. Ada banyak faktor, salah satunya adalah kondisi kebugaran para pemain jelas buruk setelah nyaris dua bulan hanya berlatih mandiri.

Para pemain sudah lama tidak menempuh latihan tim yang intens, juga sudah lama tidak melewati 90 menit dalam pertandingan sebenearnya. Fisik mereka masih baik, tapi jelas tidak dalam kondisi match-fit.

2 dari 3 halaman

Bisa Lebih Parah

Perkiraan 5-10 cedera di pekan pertama itu sebenarnya bisa dikatakan terlalu optimistis. Pasalnya, kemungkinan cedera para pemain bakal jauh lebih tinggi karena jadwal pertandingan yang begitu padat.

Betapa tidak, jika musim dilanjutkan pertengahan Juli, La Liga harus mencari cara menuntaskan semua pertandingan sisa dalam waktu sesingkat mungkin. Sebab itu besar kemungkinan para pemain terpaksa bertanding tiga hari sekali.

Nyaris dua bulan tidak berlatih, punya waktu satu bulan latihan bertahap, lalu langsung menghadapi jadwal padat. Jelas badai cedera bakal jadi musuh utama tim mana pun, termasuk Barcelona.

Lebih lanjut, departmen medis Barcelona menyoroti dua cedera yang paling sering menyerang para pemain dalam kondisi fisik buruk. Dua cedera itu adalah cedera hamstring dan persendian, yang bisa jadi masalah besar.

3 dari 3 halaman

Riwayat Cedera

Bahkan tanpa tekanan jadwal padat ketika sepak bola kembali bergulir nanti, Barcelona sebenarnya sudah punya riwayat cedera buruk musim 2019/20 ini. Sejumlah pemain penting mereka pernah terpaksa menepi, termasuk Lionel Messi. Berikut daftar lengkapnya:

  • Messi (betis)
  • Neto (fraktur tulang scaphoid)
  • Luis Suarez (betis)
  • Dembele (hamstring)
  • Junior (ligamen)
  • Umtiti (kaki)
  • Jordi Alba (hamstring)
  • Ansu Fati (patellar tendon)

Sumber: AS

KOMENTAR