Ousmane Dembele: Sebuah Cerita Tentang Kegagalan

Asad Arifin | 5 Februari 2020, 09:31
Pemain Barcelona, Ousmane Dembele, meninggalkan lapangan sambil meringis kesakitan dalam laga lanjutan fase grup Liga Champions hari Kamis (28/11/2019). (c) AP Photo
Pemain Barcelona, Ousmane Dembele, meninggalkan lapangan sambil meringis kesakitan dalam laga lanjutan fase grup Liga Champions hari Kamis (28/11/2019). (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona baru saja mendapat kabar buruk. Sangat buruk. Ousmane Dembele mengalami cedera lagi. Seolah kabar ini menegaskan bahwa Ousmane Dembele adalah cerita tentang kegagalan Barcelona di bursa transfer.

Ousmane Dembele dibeli Barcelona dengan harga yang sangat mahal. Klub asal Catalan harus membayar 105 juta euro ke Borussia Dortmund untuk membelinya pada 2017 lalu. Harga itu bisa membengkak hingga 120 juta euro.

Dibeli dengan harga mahal, tidak lantas menjadi jaminan Ousmane Dembele bakal memainkan peran kunci. Nyatanya, pemain asal Prancis justru lebih sering menjadi beban dan memberi masalah bagi Barca.

Sejak bergabung, ada dua hal yang identik dengan Ousmane Dembele: cedera dan masalah disiplin. Dua hal tersebut yang membuat potensi besar Ousmane Dembele tidak nampak ketika pindah ke Barcelona.

1 dari 2 halaman

Ousmane Dembele Sebagai Produk Gagal Barcelona

Barcelona membeli Ousmane Dembele ketika klub baru saja kehilangan Neymar, yang pindah ke PSG dengan harga 222 juta euro. Pada musim 2016/2017, Ousmane Dembele bermain bagus untuk Dortmund dan Barcelona pun tertarik membelinya.

Masuk musim ketiga bersama Barcelona, sejauh ini performa Ousmane Dembele masih di bawah harapan. Walau terus mendapat kesempatan di bawah Ernesto Valverde, tetapi dia tidak mampu tampil konsisten.

"Dalam dua setengah musim di Barcelona, Dembele telah melewatkan sebanyak 63 pertandingan dan angka ini akan meningkat dari sekarang hingga musim panas," tulis Ramiro Aldunate di Marca.

Ramiro Aldunate menyoroti seringnya Dembele mengalami cedera. Padahal, saat masih bermain di Dortmund, dia tidak terlalu sering mengalami cedera. Bahkan, pada musim 2016/2017, dia tidak mengalami cedera serius sama sekali.

"Namun, kini ia telah menjadi pemain paling rawan cedera tim. Barcelona bertaruh pada Dembele pada musim panas 2017, tetapi sejak itu ia hanya bermain 4.123 menit pada laga resmi," kata Ramiro Aldunate.

2 dari 2 halaman

Pemain Rp463 Ribu per Menit

Ramiro Aldunate lantas merinci harga transfer Ousmane Dembele dengan menit bermain yang didapatnya di Barcelona. Dia menemukan angka 25,466 euro [Rp463 ribu] per menit. Itulah nilai yang harus dibayar Barcelona untuk harga transfer Dembele.

"Dembele, yang datang sebagai penerus Neymar, telah bermain dalam 74 pertandingan untuk Barcelona, mencetak 19 gol dan 17 assist," tulis Ramiro Aldunate.

Cedera Ousmane Dembele dipastikan bakal menjadi kabar buruk untuk pelatih Quique Setien. Sebab, klub sebelumnya sudah kehilangan Luis Suarez dan melepas Carles Perez. Kini, Barcelona tidak punya stok penyerang yang cukup.

Sumber: Marca

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR