BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Nyaris 73 Pertandingan dalam Semusim, Pedri Kelelahan Lho Barcelona!

05-08-2021 11:30 | Richard Andreas

Gelandang Spanyol, Pedri (c) Pool AFP via AP Photo
Gelandang Spanyol, Pedri (c) Pool AFP via AP Photo

Bola.net - Barcelona harus berhati-hati mengelola menit bermain Pedri Gonzalez di musim baru nanti. Ada bahaya cedera karena kelelahan ekstrem.

Saat ini Pedri masih membela Timnas Spanyol U-23 di Olimpiade Tokyo 2020. Dia jadi salah satu pemain andalan, khususnya untuk duel final kontra Brasil, Sabtu (7/8/2021) akhir pekan nanti.

Tentu Barca diuntungkan dengan pemain mda yang mendapatkan pengalaman di timnas. Terlebih, sebelumnya Pedri juga menjadi andalan tim senior Spanyol di Euro 2020 lalu.

Masalahnya, bakat Pedri datang dengan konsekuensi besar. Dia jadi salah satu pemain yang nyaris tidak punya kesempatan istirahat setahun terakhir.

1 dari 3 halaman

Main terus

Pedri tidak seharusnya langsung jadi pemain inti Barca musim lalu, tapi Ronald Koeman tidak punya pilihan lain. Dia harus memaksa ketahanan Pedri demi menjaga performa tim.

Akibatnya, Pedri nyaris tidak pernah dicadangkan, bahkan menit bermainnya lebih banyak dari Ter Stegen. Lalu Euro 2020 bergulir dan Pedri kembali dipercaya, dia terus bermain tanpa absen.

Tepat setelah Euro, Pedri harus membela Spanyol U-23 di Olimpiade dan dia lagi-lagi menjadi pemain inti. Nyaris tidak ada kesempatan istirahat.

Menurut Goal, jika bermain lagi di final akhir pekan nanti, Pedri akan menempuh total 73 pertandingan dalam semusim. Itu angka tertinggi di antara pemain lain di Eropa.

2 dari 3 halaman

Rentan cedera

Dengan jumlah pertandingan sebanyak itu, Pedri cukup beruntung dia masih berusia 18 tahun. Fisiknya masih sangat bagus, dapat pulih dengan cepat.

Masalahnya, hanya ada jarak dua pekan antara final Olimpiade besok dengan pertandingan pertama La Liga 2021/22. Dua pekan tentu tidak cukup bagi Pedri, dia butuh setidaknya satu bulan untuk beristirahat.

Lagi pula, Ronald punya cukup banyak gelandang untuk membuat rotasi dan mengistirahatkan Pedri. Seharusnya tidak ada kendala.

3 dari 3 halaman

Butuh di akhir musim

Selain itu, tenaga Pedri lebih dibutuhkan Barca di tahap terpenting dalam semusim, yakni di pertengahan dan menjelang akhir musim.

Memang berisiko kehilangan ritme, tapi Barca harus membairkan Pedri absen sekitar sebulan awal musim baru nanti. Jika tidak, risiko cedera Pedri justru lebih besar.

Sumber: Goal, Sport

KOMENTAR