BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Nasib Cristiano Ronaldo: Tinggalkan Real Madrid Berarti Tinggalkan Trofi Individu

04-06-2020 06:00 | Richard Andreas

Cristiano Ronaldo melakukan pemanasan jelang laga kontra AC Milan (c) AP Photo Cristiano Ronaldo melakukan pemanasan jelang laga kontra AC Milan (c) AP Photo

Bola.net - Meninggalkan Real Madrid untuk Juventus merupakan salah satu keputusan besar Cristiano Ronaldo. Meski sudah nyaman bersama Los BlancosRonaldo mencoba tantangan baru di Italia.

Ronaldo tiba di Juventus pada 11 Juni 2018 lalu. Dia dianggap sebagai pemain terbaik yang bisa membantu Juve mewujudkan mimpi meraih trofi Liga Champions, yang sudah bertahun-tahun mereka nantikan.

Sejak pindah ke Turin, Ronaldo masih belum sesukses yang diharapkan. Dia membantu Juve menjuarai Serie A dan dinobatkan sebagai pemain terbaik Serie A 2018/19.

Uniknya, itulah satu-satunya gelar individu yang bisa diraih Ronaldo selama membela Juve. Jelas berbanding jauh dengan sederet penghargaan individu yang diraih Ronaldo selama membela Madrid.

Bagaimana rinciannya? Mengutip Marca, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Ballon d'Or

Ballon d'Or tetap bertahan di Madrid, bahkan ketika Ronaldo pergi. Tahun 2018 lalu, ada Luka Modric yang terpilih sebagai pemenang.

Lalu di tahun berikutnya giliran Lionel Messi yang dianugerahi status pemain terbaik di dunia, menyalip Ronaldo dengan 6 trofi Ballon d'Or.

FIFA's The Best

Hal yang sama persis terjadi dengan penghargaan FIFA's Best. Modric dan Messi mengalahkan Ronaldo di tahun 2018 dan 2019. bahkan di tahun 2019 Ronaldo tidak terpilih sebagai runner-up, kalah dari Virgil van Dijk.

Sepatu Emas Eropa

Ronaldo meraih penghargaan ini dua kali selama membela Madrid (2013/14 dan 2014/15), tapi peluangnya sangat kecil di musim 2019/20 ini.

Saat ini ada Robert Lewandowski yang memimpin dengan 29 gol dan 58 poin, Ronaldo mengekor di peringkat kelima dengan 21 gol dan 42 poin. Messi sendiri meraih penghargaan ini dalam tiga musim terakhir.

2 dari 2 halaman

Top Scorer Liga Champions

Ronaldo memimpin dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Champions sepanjang masa, tapi musim lalu dia kalah cukup jauh dari Messi.

Ronaldo hanya bisa mencetak enam gol di Liga Champions 2018/19, sementara Messi meraih gelar top scorer musim itu dengan 12 gol.

Sebelum pindah ke Italia, Ronaldo meraih status top scorer Liga Champions ini sebanyak tujuh kali -- enam kali bersama Real Madrid.

UEFA Player of the Year

Ronaldo tiga kali meraih penghargaan ini selama membela Real Madrid (2014, 2016, dan 2017), tapi Modric dan Van Dijk mengalahkannya sejak hengkang ke Juventus.

Golden Boot

Sepanjang berkarier di La Liga, Ronaldo meraih trofi Pichichi tiga kali. Namun, pada musim pertamanya di Serie A, Ronaldo masih kalah dari Fabio Quagliarella.

Musim lalu Quagliarella memimpin dengan 26 gol, Ronaldo tertinggal dengan 21 gol. Musim ini, Ronaldo masih sama dengan 21 gol, tapi ada Ciro Immobile yang sudah membungkus 27 gol.

Sumber: Marca

KOMENTAR