BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Musim Debut di Barcelona, Bagaimana Perasaan Frenkie de Jong?

07-04-2020 09:00 | Richard Andreas

Gelandang Barcelona Frenkie De Jong dibayangi gelandang Real Madrid Casemiro dalam laga El Clasico di Santiago Bernabeu, Senin (2/3/20) dini hari WIB. (c) AP Photo Gelandang Barcelona Frenkie De Jong dibayangi gelandang Real Madrid Casemiro dalam laga El Clasico di Santiago Bernabeu, Senin (2/3/20) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Gelandang anyar Barcelona, Frenkie de Jong, buka suara soal musim debutnya di Camp Nou. Dia mengaku senang dengan perkembangannya sejauh ini, meski belum benar-benar sesuai ekspektasi.

Pemain 22 tahun ini didatangkan Barcelona dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer musim panas lalu. De Jong mencuri perhatian semusim sebelumnya, saat membawa Ajax melangkah cukup jauh di Liga Champions.

De Jong diharapkan bisa jadi Xavi atau Iniesta baru untuk Barcelona. Sejauh ini dia sudah mencoba melakukannya dengan baik, tapi jelas masih belum mencapai kualitas tersebut.

d

1 dari 2 halaman

Bisa Lebih Baik

De Jong termasuk salah satu pemain yang beruntung di musim debutnya untuk Barcelona. Dia mendapatkan banyak kesempatan bermain, bahkan jadi pemain inti di bawah Ernesto Valverde dan sekarang bersama Quique Setien.

Tidak banyak pemain yang mendapatkan kesempatan itu. Karena itulah De Jong merasa senang dengan bagaimana musim ini berjalan.

"Meski ini baru musim pertama saya, saya banyak bermain dan saya sangat senang," ujar De Jong di kanal YouTube Barcelona via Marca.

"Biar begitu, saya tahu bahwa saya masih bisa lebih baik lagi, dan saya bisa bermain lebih baik dari apa yang sudah saya tunjukkan sejauh ini. Semua pemain di sini benar-benar bagus."

2 dari 2 halaman

Salah Posisi

De Jong memang belum memenuhi ekspektasi, tapi mungkin itu bukan sepenuhnya kesalahan dia. Beberapa bulan terakhir, De Jong terpaksa bermain di posisi yang bukan seharusnya.

Dia beberapa kali dimainkan di sisi sayap, diminta menyerang dan menggunakan kecepatannya. Tentu permintaan ini tidak sesuai dengan kemampuan De Jong yang sebenarnya, yakni mendikte permainan dari lini tengah.

Posisi De Jong di Barcelona sedikit lebih maju, lebih ofensif. Sebelumnya, selama membela Ajax dan Timnas Belanda, dia lebih sering bermain mendalam, menjadi otak permainan tim dari lini tengah.

Perubahan posisi inilah yang mungkin jadi salah satu halangan De Jong. Sekarang dia hanya berharap sang pelatih, Setien, mau bereksperimen soal posisinya.

Sumber: Marca

KOMENTAR