BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Messi Ingin Bertahan, Lantas Apa Masalah Barcelona?

02-07-2021 06:20 | Richard Andreas

Ekspresi kekecewaan Lionel Messi dalam laga Levante vs Barcelona, Rabu (12/5/2021) (c) AP Photo
Ekspresi kekecewaan Lionel Messi dalam laga Levante vs Barcelona, Rabu (12/5/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Lionel Messi saat ini resmi berstatus free transfer, tidak punya klub. Kontrak Messi di Barcelona sudah kedaluwarsa begitu memasuki tanggal 1 Juli 2021.

Tentu kabar kontrak habis ini sedikit mengkhawatirkan. Memang Messi dikabarkan masih memprioritaskan Barcelona, tapi jika demikian mengapa belum juga ada kesepakatan kontrak baru?

Presiden Barca, Joan Laporta, mengklaim bahwa segalanya berjalan sesuai rencana. Dia optimistis Messi akan bertahan di Barcelona, bukan hengkang ke Man City atau PSG.

Namun, Barca punya masalah finansial yang jadi kendala utama dalam mengamankan tanda tangan Messi lagi. Mengutip Goal internasional, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1 dari 3 halaman

Apakah Messi ingin bertahan?

Pertanyaan ini bisa dijawab dengan mudah. Setiap media Eropa dan jurnalin transfer expert mengonfirmasi bahwa Messi tetap ingin bertahan di Camp Nou, dia siap meneken kontrak baru berdurasi dua tahun.

Tentunya Barca sangat ingin Messi segera meneken kontrak baru, menambah masa bakti 21 tahun yang telah dia habiskan bersama raksasa Catalan di Spanyol.

Laporta telah menggodok kontrak dua tahun untuk Messi, tapi masalah finansial berulang kali menjegal pergerakan mereka.

2 dari 3 halaman

Sebesar apa masalah finansial Barca?

Lionel Messi usai laga pekan ke-37 La Liga melawan Celta Vigo (c) AP Photo
Lionel Messi usai laga pekan ke-37 La Liga melawan Celta Vigo (c) AP Photo

Dikabarkan Barca saat ini menanggung utang sebesar 1,2 miliar euro. Jumlah itu sangat besar, bahkan untuk klub dengan pendapatan terbesar seperti Barca.

Akibatnya, Barca kesulitan menegosiasikan kontrak baru dengan Messi. Mereka tidak bisa memenuhi permintaan gaji Messi, ada salary limit yang menjadi peraturan penting di La Liga.

Nah sekarang yang coba dilakukan Barca adalah menawarkan kontrak dengan angka yang jauh lebih kecil. Barca berharap Messi mau memotong gaji untuk kontrak barunya.

Lagi pula, Barca harus menjual banyak pemain musim panas ini untuk mengurangi beban gaji mereka.

3 dari 3 halaman

Siapa yang dijual?

Jadi kurang lebih itulah masalah yang dihadapi Barca dalam kontrak Messi sekarang. Mereka tidak bisa sembarangan menawarkan kontrak yang tidak bisa dibayar nantinya.

Barca berharap Messi mau menurunkan gaji, lalu di saat yang sama mereka harus terlebih dahulu menjual banyak pemain.

Ada beberapa nama yang kini masuk daftar jual Barca, di antaranya Samuel Umtiti, Miralem Pjanic, Martin Braithwaite, dan Philippe Coutinho.

Sumber: Goal

KOMENTAR