BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mengenang Pengakuan Mengejutkan Lionel Messi Nyaris Tinggalkan Barcelona

24-05-2020 20:00 | Richard Andreas

Kapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo Kapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo

Bola.net - Lionel Messi pernah melontarkan sederet komentar kontroversial setahun yang lalu. Saat itu, sang kapten mengakui bahwa dia begitu nyaris meninggalkan Barcelona pada tahun 2017 lalu.

Pengakuan Messi jelas mengejutkan. Pasalnya, tidak ada yang membayangkan Messi bakal meninggalkan Barca karena kehendaknya sendiri. Pihak klub pun jelas berusaha keras mempertahankan La Pulga.

Namun, Messi mengakui gagasan meninggalkan klub itu sempat mencuat ketika dia mengalami masalah berat pada tahun 2017 lalu. Kala itu dia terlibat masalah dengan pemerintah Spanyol terkait dugaan penggelapan pajak.

Apa kata Messi saat mempertimbangkan meninggalkan klub? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Pengakuan Mengejutkan Messi

Messi mengaku sempat ingin meninggalkan Barca karena masalah yang berlarut-larut dengan pemerintah Spanyol. Bahkan Messi dinyatakan bersalah dan dihukum penjara 21 bulan untuk penggelapan pajak.

Megabintang Barcelona ini ditemukan menggelapkan pajak sebesar 4,1 juta euro pada rentang 2007-2009. Namun, karena peraturan khusus di Spanyol, hukuman perdata di bawah 24 bulan bisa diganti dengan denda.

"Pada saat itu (2017), dengan kekacauan pajak, saya ingin pergi. Bukan karena ingin meninggalkan Barca tapi ingin pergi dari Spanyol," ujar Messi dikutip dari Sport.

"Saya merasa diperlakukan dengan buruk dan saya tidak ingin bertahan di sini. Saya tidak benar-benar mendapatkan tawaran, sebab semua orang tahu saya ingin bertahan di sini."

2 dari 3 halaman

Masa-Masa Sulit

Intinya, Messi merasa dipermainkan oleh pemerintah Spanyol, seakan-akan dipaksa untuk bersalah. Dia mengaku tidak bermaksud menggelapkan pajak, tapi peraturan pajak untuk pesepak bola di Spanyol memang sangat ketat.

"Masa-masa itu sangat sulit bagi saya dan keluarga, sebab banyak orang yang tidak tahu apa saja yang sebenarnya terjadi," imbuh Messi.

"Faktanya, segalanya sulit bagi saya setelah apa yang terjadi, tapi untungnya saat itu anak-anak saya masih kecil dan tidak mengetahui apa pun."

3 dari 3 halaman

Bertahan Selama Mungkin

Kendati demikian, sekarang Messi sudah menghapus gagasan itu. Dia tidak lagi berminat meninggalkan Barca, kasus penggelapan pajak sudah selesai.

Sekarang, sudah berusia 32 tahun, Messi mengaku tidak akan buru-buru meninggalkan Barca. Dia masih mempertimbangkan beberapa opsi, tapi pergi dari klub bukan lagi pertimbangan utama.

"Sekarang, keinginan saya dan keluarga adalah menutup karier di sini. Khususnya karena bagaimana peran saya dalam klub, bagaimana perasaan saya dalam klub ini," lanjut Messi.

"Lalu karena betapa baiknya kehidupan kami di kota ini, bagi anak-anak saya. Kota ingin begitu bersahabat bagi saya."

Sumber: Sport

KOMENTAR