BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Mengapa Dembele dan Bukan Mbappe, Barcelona? Mantan Presiden Berbicara

19-10-2021 11:05 | Yaumil Azis

Selebrasi Ousmane Dembele usai menjebol gawang Real Valladolid, La Liga 2020/21. (c) AP Photo
Selebrasi Ousmane Dembele usai menjebol gawang Real Valladolid, La Liga 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona, pada tahun 2017 dulu, punya kesempatan untuk merekrut Kylian Mbappe yang masih memperkuat Monaco. Namun pada akhirnya mereka memilih menggelontorkan uang buat Ousmane Dembele.

Sekarang Barcelona tenggelam dalam penyesalan. Mbappe kini meraih banyak prestasi membanggakan bersama PSG dan Timnas Prancis, sementara Dembele lebih sering keluar masuk ruang perawatan ketimbang berkontribusi di lapangan.

Dari segi bisnis, pembelian Dembele sangat merugikan Barcelona. Transfermarkt mencatat sang pemain harus melewatkan total 96 pertandingan sejak tahun 2018 lalu. Padahal mereka menghabiskan uang 145 juta euro untuknya.

Sekarang Dembele menjadi beban buat Barcelona. Mereka telah berusaha untuk melepasnya ke klub lain dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, namun tak ada satupun yang bersedia untuk menampungnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Mengapa Dembele dan Bukan Mbappe?

Andai Barcelona memilih Mbappe di tahun 2017 lalu, kisahnya mungkin takkan berakhir seperti ini. Jelas publik menimpakan kesalahan kepada mantan presiden yang telah mengundurkan diri tahun lalu, Josep Maria Bartomeu.

Namun Bartomeu enggan menerima kesalahan tersebut. Ia mengaku kalau Barcelona sebenarnya sudah hampir pasti merekrut Mbappe di tahun 2017, namun pelatih saat itu lebih memprioritaskan Dembele.

"Pembelian [Mbappe] sudah di atas meja, tapi pelatih lebih memilih Dembele karena mereka menginginkan pemain yang bisa membuka lapangan," ujar Bartomeu, dilaporkan oleh AS.

2 dari 2 halaman

Lumrah di Dunia Sepak Bola

Dembele hanyalah satu dari sekian pemain mahal yang dibeli Barcelona pada era kepemimpinan Bartomeu. Selang enam bulan setelah membeli Dembele, mereka mendatangkan Philippe Coutinho dari Liverpool.

Transfer Coutinho dari Anfield ke Camp Nou memakan biaya hingga 142 juta pounds. Dan sama seperti Dembele, pemain berkebangsaan Brasil itu juga tidak memberikan kontribusi yang serupa dengan harganya.

"Beberapa transfer yang kami lakukan tidak mencapai ekspektasi, pemain yang menghabiskan banyak uang, tapi hal semacam ini terjadi dalam dunia sepak bola," kata Bartomeu lagi.

"Ketika dua pemain itu direkrut, mereka mendapat tepuk tangan dari semua orang. Coutinho datang karena Iniesta telah pergi. Dia terbaik di Premier League. Dembele datang karena kepergian Neymar," pungkasnya.

(AS)

KOMENTAR