BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Menebak Rencana Baru Quique Setien di Barcelona: 5 Pergantian dan Luis Suarez

13-05-2020 15:03 | Asad Arifin

Pelatih Barcelona, Quique Setien (c) AP Photo Pelatih Barcelona, Quique Setien (c) AP Photo

Bola.net - Quique Setien bakal dihadapkan pada tantangan baru andai La Liga musim 2019/2020 dilanjutkan. Dia harus mengusung rencana baru untuk Barcelona, dengan lima pergantian pemain dan kembalinya Luis Suarez.

Kemungkinan La Liga musim 2019/2020 dilanjutkan memang belum bisa dipastikan. Namun, pertanda La Liga bakal menyusul jejak Bundesliga mulai nampak.

Klub-klub La Liga sudah telah memulai sesi latihan. Real Madrid dan Barcelona sudah menggelar latihan awal pekan ini. Latihan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan tidak ada kotak fisik.

Presiden La Liga, Javier Tebas, berharap bisa mulai melanjutkan musim 2019/20 pada 12 Juni mendatang. "Tapi harus bijaksana dan ini tidak hanya soal sepak bola, ini juga tergantung pada masyarakat," tegas Tebas kepada Movistar.

1 dari 3 halaman

Kembalinya Luis Suarez

Quique Setien sudah memainkan 11 laga sebagai pelatih Barcelona. Pelatih 61 tahun belum menunjukkan performa yang solid, baik dari sisi hasil maupun cara bermain. Los Cules masih belum konsisten.

Barcelona sempat memakai formasi 3-1-4-2 pada awal karirnya sebagai pelatih Barcelona, tetapi tidak bekerja dengan baik. Quique Setien lantas melanjutkan formasi 4-3-3 yang dipakai Ernesto Valverde sejak awal musim.

Barcelona tampil lebih bagus dengan 4-3-3, tetapi apakah ini sesuai dengan ide Quique Setien?

Satu kabar baik datang untuk Barcelona. Luis Suarez kembali berlatih. Awalnya, pemain asal Uruguay diprediksi tidak bisa bermain lagi pada sisa laga musim 2019/2020. Tetapi, penundaan liga membuat peluangnya bermain sangat besar.

Luis Suarez diyakini bakal menjadi pemain inti. Luis Suarez bisa meringankan beban Lionel Messi sebagai pencetak gol. Secara teknis, karakter Luis Suarez juga cocok dengan Quique Setien yang menyukai penyerang dengan mobilitas tinggi.

Trio Antonie Griezmann, Luis Suarez, dan Lionel Messi bakal terwujud.

2 dari 3 halaman

5 Pergantian Pemain

Satu hal lain yang harus dipikirkan Quique Setien adalah aturan baru lima pergantian pemain. Aturan bisa menjadi pisau bermata dua bagi Quique Setien. Sebab, dia -juga pelatih lain- biasa dengan tiga pergantian.

Pada satu sisi, lima pergantian bisa menghemat tenaga pemain yang belum 100 persen bugar saat musim kembali dimulai. Namun, pada sisi lainnya, terlalu banyak mengganti pemain bisa merusak ritme yang sudah dibangun.

Pemain yang pengganti belum tentu mampu beradaptasi dengan cepat. Situasi itu bisa merusak kontinuitas dan koneksi antar pemain. Jelas ini bukan situasi yang mudah untuk Quique Setien dan para pemain Barcelona.

3 dari 3 halaman

Sesi 'Pramusim' yang Rumit

Quique Setien menyadari bahwa tugas yang diembannya bakal lebih sulit. Jadwal pertandingan bakal lebih padat. Para pemain tidak dalam kondisi 100 persen bugar. Quique Setien pun tidak bisa meracik taktik dengan maksimal.

"Ini seperti sesi pramusim untuk beberapa hari," ucap Quique Setien dikutip dari AS.

"Bakal ada hal ada yang tidak terduga. Pada pramusim, teman-teman [asisten pelatih] datang untuk membantu dengan aspek taktis. Tetapi kita tidak lagi bisa saling bertemu," kata Quique Setien.

"Kita harus menjaga jarak. Kita dapat melakukannya di luar atau kita dapat bertemu di bioskop di mana kami dapat memproyeksikan video atau pemain tidak akan melihat hal-hal yang telah kami siapkan untuk mereka," tutup Quique Setien.

Sumber: AS

KOMENTAR