Mencari Alasan Penurunan Performa Real Madrid: Pemain Cedera dan Jadwal Padat?

Asad Arifin | 31 Oktober 2022, 10:31
Mencari Alasan Penurunan Performa Real Madrid: Pemain Cedera dan Jadwal Padat?
Skuat Real Madrid yang berhadapan lawan Girona di pekan ke-12 La Liga 2022/2023 di Santiago Bernabeu, Minggu (30/10/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Real Madrid memulai musim 2022/2023 dengan performa yang sangat positif. Akan tetapi, pada dua laga terakhir, tim racikan Carlo Ancelotti menunjukkan grafik menurun saat berjumpa RB Leipzig dan Girona.

Real Madrid tidak pernah kalah pada 15 laga awal musim 2022/2023 beruntun. Namun, pada laga ke-16, Madrid kalah dengan skor 3-2 dari RB Leipzig pada ajang Liga Champions.

Setelah kekalahan itu, Madrid diharap bangkit ketika menjamu Girona pada pekan ke-12 La Liga, Minggu (30/10/2022) malam WIB. Namun, pada laga yang digelar di Bernabeu, Madrid harus puas dengan skor imbang 1-1.

Madrid unggul lewat gol Vinicius Junior pada menit ke-70. Lalu, Girona membalas dari eksekusi penalti Christian Stuani pada menit ke-80. Yuk simak ulasan lebih lengkap soal penurunan performa Madrid di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Jadwal dan Penurunan Performa

Real Madrid punya jadwal yang sangat padat. Mereka harus memainkan laga La Liga dan Liga Champions secara beruntun. Belum lagi jadwal laga internasional yang harus dimainkan sebagian besar pemain Real Madrid.

"Kami tidak berada pada level yang kami tunjukkan musim lalu karena beberapa alasan," bukan Ancelotti.

"Kami punya pemain cedera yang sembuh akan tetapi belum banyak bermain: Toni Kroos, Luka Modric, Rodrygo, Fede Valverde, Aurellien Tchouameni yang absen. Kami punya banyak sekali jadwal pertandingan."

"Ini adalah mantra sulit yang belum begitu mempengaruhi kami. Pada hari Rabu (lawan Celtic di Liga Champions) kami bisa finis di puncak klasemen fase grup. Semua masih dalam kendali," tegas Ancelotti.

2 dari 3 halaman

Lelah Mental dan Fisik

Aksi Vinicius Junior di laga Real Madrid vs Girona di pekan ke-12 La Liga 2022/2023 di Santiago Bernabeu, Minggu (30/10/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Aksi Vinicius Junior di laga Real Madrid vs Girona di pekan ke-12 La Liga 2022/2023 di Santiago Bernabeu, Minggu (30/10/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Pemain Real Madrid tidak punya banyak waktu untuk recovery. Jadwal sangat padat. Menurut Ancelotti, pada level ini, Real Madrid bukan hanya lelah secara fisik akan tetapi juga mental. Apalagi, laga-laga yang dimainkan juga sangat penting.

"Setiap pertandingan sulit, itu yang diharapkan," kata Ancelotti.

"Kami tidak bermain di level terbaik kami saat ini karena terlalu banyak pertandingan dan kami tidak punya waktu untuk pulih 100 persen secara fisik atau mental. Saya tidak melihat tim mana pun memainkan sepak bola yang luar biasa, mereka semua menderita," tegasnya.

Sumber: realmadrid.com

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR