Menanti Sikap Tegas Barcelona, Bela Lionel Messi atau Eric Abidal?

Asad Arifin | 6 Februari 2020, 09:39
Lionel Messi menunjukan trofi Ballon dOr 2019 ke publik Camp Nou sebelum laga Barcelona vs Real Mallorca, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB.  (c) AP Photo
Lionel Messi menunjukan trofi Ballon dOr 2019 ke publik Camp Nou sebelum laga Barcelona vs Real Mallorca, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona mampu meredam konflik yang terjadi antara Lionel Messi dan Eric Abidal. Namun, sejauh ini belum ada keputusan tegas dari klub apakah akan memihak Messi atau Abidal.

Musim 2019/2020 berjalan tidak cukup bagus untuk Barcelona. Mereka memang masih di jalur perebutan juara La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions. Akan tetapi, performa klub tidak cukup bagus.

Kegagalan di Supercopa de Espana membuat situasi berubah. Barcelona harus memecat Ernesto Valverde dari kursi pelatih. Sebagai gantinya, klub asal Catalan menunjuk Quique Setien sebagai pelatih baru.

Rupanya, pemecatan Ernesto Valverde menjadi awal mula konflik. Eric Abidal, sebagai Direktur Olahraga, menuduh pemain cukup bekerja keras. Tuduhan itu serang balik oleh Lionel Messi secara terbuka.

1 dari 2 halaman

Bagaimana jika Eric Abidal Benar?

Jurnalis Marca, Raul Varela, menilai situasi yang kini terjadi di Barcelona cukup rumit. Tidak ada yang tahu pasti apakah pernyataan Eric Abidal benar, pemain tidak mendukung Ernesto Valverde.

Raul Varela pun tidak terkejut dengan respon Lionel Messi. Pemain berusia 32 tahun bukan tipikal yang suka disalahkan. Apalagi, secara statistik, Messi menjadi pemain dengan kontribusi paling besar.

"Dia menjadi bintang, tim dan klub semuanya dalam satu orang. Tapi mungkin masalah dan drama adalah akumulasi dari situasi beberapa tahun terakhir, dan itu baru saja ditekankan oleh Messi," kata Raul Varela.

Raul Varela tidak tahu apakah Eric Abidal akan diberhentikan atau akan mundur. Namun, mantan pemain Barcelona itu diyakini cukup muak dengan situasi yang terjadi bahwa klub terlalu terfokus Messi.

"Setelah bertahun-tahun mendengar 'Anda harus membuat Messi bahagia,' ia mungkin sudah bosan tersenyum. Barcelona tanpa karisma, tanpa kredibilitas dan tanpa kepribadian. Semuanya ada di Messi," kata Raul Varela.

2 dari 2 halaman

Barcelona Harus Membela Siapa?

Walaupun ada kemungkinan Eric Abidal benar, Raul Varela menilai pilihan Barcelona tidak banyak. Mereka harus tetap membela Lionel Messi. Sebab, dia adalah bintang utama klub baik di dalam maupun luar lapangan.

"Hal yang sama terjadi dengan Cristiano Ronaldo di Real Madrid, dan juga akan terjadi dengan Kylian Mbappe di Paris Saint-Germain jika dia ada di sana cukup lama," kata Raul Varela.

Raul Varela meminta Josep Maria Bartome segera membuat keputusan akhir. Keputusan tersebut adalah menjaga aset paling berharga milik Barcelona.

"Aset itu adalah Messi. Dia pemain terbaik sepanjang masa, dan permata terbesar La Liga. Tidak ada orang seperti Messi, dan ketika dia pensiun mereka akan merasakan ketidakhadirannya," ucap Raul Varela.

Sumber: Marca

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR