BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Masih Ingat? Barcelona Hajar Real Madrid 5-0: Ramos Diusir Wasit, Mourinho Menolak Malu

07-04-2020 10:00 | Richard Andreas

Jose Mourinho & Alvaro Morata (c) AFP
Jose Mourinho & Alvaro Morata (c) AFP

Bola.net - Barcelona pernah mengalahkan Real Madrid lima gol tanpa balas (5-0). Ya, lima gol, hasil akhir yang jelas menampar harga diri Los Blancos di El Clasico.

El Clasico selalu dikenal sebagai salah satu duel terbaik di dunia sepak bola. Laga ini mempertemukan dua tim besar yang terikat rivalitas selama puluhan tahun. Duel El Clasico selalu sengit, intens, dan bertabur kartu kuning/merah.

Kala itu, 29 November 2010, Jose Mourinho membimbing Madrid manyambangi Camp Nou. Tentu sebelumnya dia tidak menduga bahwa timnya bakal dihajar lima gol tanpa balas, kekalahan yang memalukan.

Padahal Madrid memasuki laga itu dalam kondisi apik setelah memetik 7 kemenangan beruntun di La Liga. Namun, saat itu pasukan Josep Guardiola terbukti bisa memorakporandakan permainan Madrid, yang bahkan kesulitan mengalirkan bola

Kekalahan Madrid itu akan selalu dikenang sebagai salah satu kekalahan terburuk mereka di hadapan Barcelona. Jose Mourinho pun tidak mengelak, dia tahu hasil itu buruk.

Kini, mengenang kembali momen tersebut, sebenarnya apa yang terjadi di Camp Nou malam itu? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 9 halaman

Xavi Bawa Barca Unggul

Gelandang Barcelona Xavi Hernandez mengangkat trofi La Liga di Camp Nou setelah Barcelona menjadi juara, 23 Mei 2015. (c) AP PhotoGelandang Barcelona Xavi Hernandez mengangkat trofi La Liga di Camp Nou setelah Barcelona menjadi juara, 23 Mei 2015. (c) AP Photo

Barca hanya butuh waktu 10 menit untuk mencetak gol pertama. Ketika sepakan Andres Iniesta membentur lawan dan bola jatuh di depan rekan setimnya di Timnas Spanyol, Xavi.

Tanpa kesulitan, Xavi hanya perlu mencungkil bola untuk mengelabui Iker Casillas. Gol ini mengejutkan tim tamu.

2 dari 9 halaman

Pedro Buat Skor Jadi 2-0

Delapan menit kemudian, saat Madrid masih berusaha menemukan pijakan mereka, Barca justru menambah gol lewat Pedro.

Bermula dari gerakan mengalir Barca, David Villa memberikan umpan silang dari sisi kiri yang disambut Pedro dengan mudah ke gawang kosong.

3 dari 9 halaman

Villa Bikin Gol Ketiga

David Villa (c) AFPDavid Villa (c) AFP

Skor 2-0 menutup babak pertama, tidak terlalu buruk, harapan Madrid masih ada. Mourinho seharusnya bisa membawa timnya bangkit.

Namun, tepat ketika Madrid masih berjuang, Barca justru memberikan pukulan ketiga lewat David Villa. Di menit ke-55, Villa mengalahkan Casillas untuk mengubah skor jadi 3-0.

4 dari 9 halaman

Villa Lagi

Hanya beberapa menit setelah gol pertamanya, Villa menambah gol kedua. Dia memanfaatkan sodoran Messi untuk mengecoh barisan bek Madrid dan menjebol gawang Casillas.

Saat ini permainan Madrid sudah kacau, tidak tau arah. Pergantian pemain Mourinho pun tidak membawa dampak signifikan.

5 dari 9 halaman

Jeffren Beri Pukulan Terakhir

Seakan-akan masih kurang pahit, Barca mencetak gol kelima mereka dengan pemain pengganti yang namanya bahkan tidak dikenal: Jeffren.

Di menit ke-91, Jeffren memaksimalkan umpan Bojan Krkic untuk mencetak gol kelima dan mengakhiri mimpi buruk Madrid.

6 dari 9 halaman

Kartu Merah Sergio Ramos

Lionel Messi bersitegang dengan Sergio Ramos pada duel El Clasico musim 2018/19. (c) AP PhotoLionel Messi bersitegang dengan Sergio Ramos pada duel El Clasico musim 2018/19. (c) AP Photo

Kalah lima gol tanpa balas jelas pahit bagi Madrid. Tentu hasil itu membuat para pemain frustrasi, khususnya yang punya temperamen tinggi seperti Sergio Ramos.

Ya, pemain yang kini jadi Kapten Los Blancos itu kehilangan kontrol di injury time. Ramos menekel Messi dengan keras, pemain Barca marah, Ramos sampai bertengkar dengan Carles Puyol sebelum diusir wasit dengan kartu merah.

7 dari 9 halaman

Pertama Kalinya

Jose Mourinho & Alvaro Morata (c) AFPJose Mourinho & Alvaro Morata (c) AFP

Usai pertandingan tersebut, Mourinho tidak mengelak. Dia tahu timnya kalah dengan buruk, itu adalah kekalahan besar pertama dalam kariernya. Namun, Mou merasa kekalahan itu tidak memalukan.

"Ini pertama kalinya saya dikalahkan 5-0. Secara historis, hasil ini buruk bagi kami. Ini bukan penghinaan, tapi saya sangat kecewa. Ini menyedihkan bagi kami," ujar Mourinho.

"Tapi hasil ini tidak sulit untuk saya terima. Yang sulit diterima adalah ketika Anda kalah karena tembakan membentur tiang atau karena wasit yang buruk."

"Saya pernah merasakan hal itu sebelumnya saat bersama Chelsea dan Inter Milan, tapi bukan itu yang terjadi malam ini. Mudah bagi saya menerima hasil ini yang memang adil," tandasnya.

8 dari 9 halaman

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Valdes; Abidal, Puyol, Pique, Alves; Iniesta, Busquets, Xavi; Pedro, Villa, Messi

Real Madrid (4-2-3-1): Casillas; Marcelo, Carvalho, Pepe, Ramos; Khedira, Alonso; Di Maria, Ozil, Ronaldo; Benzema.

9 dari 9 halaman

Statistik Barcelona vs Real Madrid

Shots: 15 - 5
Shots on target: 6 - 2
Possession: 66% - 34%
Umpan Sukses: 89% - 73%
Dribel: 21 - 11
Tekel: 22 - 32

Sumber: BR Football, Whoscored

KOMENTAR