BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Masih Ingat Barcelona Era Guardiola? Ini 10 Pembelian Terbaiknya

30-03-2020 14:00 | Richard Andreas

Gerard Pique (c) AFP
Gerard Pique (c) AFP

Bola.net - Josep Guardiola dan Barcelona, sebuah kombinasi yang pernah mengguncangkan dunia sepak bola dengan gaya bermain indah yang melahirkan banyak trofi. Sepak bola ini dikenal dengan sebutan tiki-taka, atau singkatnya aliran umpan dalam pola segitiga yang terus bergerak.

Saat itu Guardiola terbilang beruntung punya pemain-pemain akademi Barca yang luar biasa. Sebut saja Xavi, Andreas Iniesta, Sergio Busquets, dan tentu Lionel Messi. Tentu pemain-pemain inilah yang jadi bintang utama era keemasan Barca.

Guardiola pun mendatangkan pemain-pemain baru, tepatnya 17 pemain antara tahun 2008 sampai 2012. Beberapa sukses, sebagian lain pembelian gagal.

Bagaimana kebijakan transfer Guardiola pada era keemasan tersebut? Planetfootball menyusun daftarnya dari yang biasa sampai yang terbaik, yuk baca selengkapnya di bawah ini!

1 dari 10 halaman

10. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic (c) AFPZlatan Ibrahimovic (c) AFP

Ibrahimovic bukan pembelian buruk, dia menyumbang 16 gol dalam 29 penampilan di La Liga, termasuk gol kemenangan 1-0 atas Real Madrid.

Namun, jelas ada masalah pribadi antara Ibra dengan Guardiola. Keduanya berseteru cukup panjang, Ibra pun tidak bertahan lama.

Terlebih, Barca mendatangkan Ibra dengan menjual Eto'o, salah satu striker terbaik mereka.

2 dari 10 halaman

9. Jose Manuel Pinto

Barca perlu mendatangkan kiper pelapis Victor Valdes, Pinto pun dipilih. Umumnya kiper kedua jarang dibicarakan, bahkan jarang mendapatkan menit bermain.

Uniknya, Pinto tidak demikian. Dia sosok yang cukup populer di antara fans Barca dan punya hubungan dekat dengan Leo Messi.

3 dari 10 halaman

8. Adriano

Salah satu dari banyak pemain yang awalnya diamati Monchi di Sevilla, sebelum akhirnya memilih Barcelona. Adriano serbabisa dan rela melakukan segalanya demi tim.

Dia menghabiskan enam musim di Camp Nou, tampil lebih dari 100 pertandingan di La Liga.

4 dari 10 halaman

7. Cesc Fabregas

Cesc Fabregas (c) AFPCesc Fabregas (c) AFP

Anak yang kembali pulang, Fabregas digadang-gadang jadi jenderal lini tengah Barca yang baru. Dia dipulangkan dari Arsenal dengan harapan tinggi.

Sayangnya, Fabregas gagal meneruskan jejak Xavi, gaya bermainnya berbeda. Bagaimanapun Barca patut diapresiasi bisa mendatangkan Fabregas dari The Gunners.

5 dari 10 halaman

6. Alexis Sanchez

Alexis Sanchez (c) AFPAlexis Sanchez (c) AFP

Namanya bersinar di Udinese, Alexis Sanchez lalu mendarat di Camp Nou setelah Barcelona berjuang keras. Dia sempat tampil apik, tapi akhirnya perlahan-lahan menurun.

Sanchez menghabiskan tiga tahun di Barca, antara 2011-14, sebagian bukan di bawah Guardiola. Performanya membuat Arsenal kepincut, yang lalu jadi jalan karier Sanchez berikutnya.

6 dari 10 halaman

5. Seydou Keita

Guardiola menangani Barcelona selama empat tahun, sama dengan karier Seydou Keita di sana. Dia memang tidak sehebat Xavi, Iniesta, Busquets, tapi Keita selalu bisa diandalkan.

Terbukti, gelandang Mali ini menempuh hingga 200 penampilan dalam empat musim. Keita jadi pemain keempat ketika trio gelandang Barca tidak bisa bermain sepenuhnya

7 dari 10 halaman

4. Javier Mascherano

Javier Mascherano (c) AFPJavier Mascherano (c) AFP

Karena Busquets nyaris tidak tergantikan di lini tengah, Mascherano harus melakukan sesuatu untuk mendapatkan kesempatan bermain reguler.

Dia bekerja keras, menjelma jadi bek tengah tangguh. Ketika Carles Puyol cedera panjang dan akhirnya pensiun, Mascherano mampu memikul tugas itu sama baiknya.

Mascherano punya energi luar biasa, bisa membaca permainan, dan berani dalam duel-duel udara.

8 dari 10 halaman

3. David Villa

David Villa (c) AFPDavid Villa (c) AFP

Sebenarnya Barca berminat mendatangkan Villa sejak awal, bukan Ibramhimovic. Kali ini mereka mencoba lagi dan akhirnya berhasil.

Vila datang ke Camp Nuou pada usia 28 tahun, dalam level terbaiknya. Dia membentuk trio yang mematikan bersama Messi dan Pedro, yan gmenjuarai Liga Champions dan La Liga 2010/11.

9 dari 10 halaman

2. Dani Alves

Dani Alves (c) AFPDani Alves (c) AFP

Salah satu pemain terbaik Barcelona. Alves bisa membentuk kombinasi impresif dengan Messi, berulang kali mengoyak pertahanan lawan.

Alves merupakan pembelian mayor pertama Guardiola, yakni dengan 31 juta poundsterling pada tahun 2008. Pembelian ini terbukti tepat, Alves jadi salah satu bek kanan terbaik di sepak bola Eropa.

10 dari 10 halaman

1. Gerard Pique

Gerard Pique (c) AFPGerard Pique (c) AFP

Produk La Masia, terbuang ke Manchester United, akhirnya dipulangkan Guardiola. Gerard Pique harus menemuh jalan memutar untuk mengembangkan kariernya.

Pique masih jadi salah satu pemain terpenting Barca sampai saat ini. Dia bek tangguh yang cerdik dalam mengambil keputusan.

Sumber: Planetfootball

KOMENTAR