BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Madrid Doyan Menyerang Bukan Berarti Courtois Bisa Bersantai

12-02-2019 11:00 | Richard Andreas

Thibaut Courtois (c) AFP Thibaut Courtois (c) AFP

Bola.net - Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois menegaskan bahwa setiap pertandingan yang dia lakoni bersama raksasa Spanyol itu adalah soal kerja keras. Madrid memang tim yang doyan menyerang lawan, tapi itu bukan berarti Courtois bisa sedikit bersantai-santai di muka gawang.

Musim ini adalah musim pertama Courtois membela Los Blancos. Perjalanannya mengalami naik-turun, sebab performa Madrid musim ini juga tidak stabil karena kepergian Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo.

Meski datang dengan nama besar sebagai salah satu kiper terbaik di dunia, Courtois juga tidak lepas dari kritik. Dia sering dikritik karena terlalu mudah dibobol lawan, khususnya dengan tendangan mendatar yang melewati sela kakinya.

Menurut Courtois, dia harus terus menjaga fokus sepanjang laga guna membantu rekan setimnya yang sedang menyerang lawan. Baca komentar selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Tetap Fokus

Menurut Courtois, ketika rekan setimnya menyerang lawan, justru di saat itulah dia dituntut untuk fokus sepenuhnya. Sebab, dia sama sekali tidak boleh membuat kesalahan yang justru akan merugikan tim yang tengah menyerang dan merusak momentum tim.

"Anda harus tetap fokus. Ketika kami menyerang, sangatlah penting untuk bersikap waspada karena tim memberikan tekanan tinggi di lapangan, jadi anda juga harus meninggalkan gawang anda. Anda harus bermain sedikit di area antara lini," tegas Courtois di laman resmi realmadrid.

"Sebagai contoh, laga tandang melawan AS Roma. Saya keluar dari kotak penalti dua atau tiga kali untuk memotong serangan balik lawan. Hal-hal seperti itulah yang perlu anda waspadai, dan karena itulah anda harus tetap fokus."

2 dari 3 halaman

Peran Courtois

Antoine Griezmann vs Thibaut Courtois. (c) AP Antoine Griezmann vs Thibaut Courtois. (c) AP

Lebih lanjut, Courtois percaya peran kiper di sepak bola modern bukan hanya untuk menjaga gawang tidak kebobolan. Dia juga harus terlibat langsung pada permainan tim dengan mengirimkan umpan pendek atau umpan panjang untuk memulai serangan.

"Saat ini peran kiper jauh lebih terlibat daripada hanya menjaga bola supaya tidak masuk ke gawang, mereka juga harus memanfaatkan ruang kosong."

"Menggunakan kaki, menutup jarak antara pertahanan dengan diri anda sendiri, dan menyelamatkan bola yang menuju area itu," tutup Courtois.

3 dari 3 halaman

Bekerja Keras

Berita video 5 pemain bintang yang pernah berseragam Manchester United dan juga PSG (Paris Saint-Germain). Siapa saja selain David Beckham?

Komentar Solskjaer dan Lampard Usai Manchester United Kalahkan Chelsea 4-0

KOMENTAR