BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Luuk de Jong Dinilai Bakal Berguna Buat Barcelona

08-09-2021 10:19 | Aga Deta

Pemain Barcelona Luuk De Jong. (c) FC Barcelona
Pemain Barcelona Luuk De Jong. (c) FC Barcelona

Bola.net - Legenda Barcelona Julio Salinas memberikan pendapatnya tentang rekrutan baru Blaugrana Luuk de Jong. Menurutnya, De Jong bisa jadi tambahan yang bagus untuk skuad asuhan Ronald Koeman.

Barcelona mendatangkan De Jong pada penutup bursa transfer musim panas 2021. Dia hijrah ke tim Catalan dengan status pinjaman dari Sevilla.

De Jong dipinjam Barcelona selama semusim hingga 30 Juni 2022 dengan opsi pembelian permanen. Barcelona merekrutnya setelah melepas Antoine Griezmann ke Atletico Madrid.

De Jong sudah berpengalaman di La Liga sebagai pemain Sevilla. Pemain berusia 31 tahun tersebut mencetak 19 gol dari 94 penampilan untuk klub tersebut.

1 dari 3 halaman

Permintaan Koeman

De Jong adalah salah satu pemain permintaan sang pelatih, Ronald Koeman. Salinas merasa sangat yakin Koeman bisa memaksimalkan kemampuan sang pemain.

“Kedatangan Luuk de Jong mengejutkan saya, tetapi (pelatih Ronald) Koeman mengenalnya dengan sempurna dan akan tahu bagaimana memanfaatkan kelebihan rekan senegaranya sehingga tim bisa kompetitif sepanjang musim," tulis Salinas dalam kolomnya di Mundo Deportivo.

2 dari 3 halaman

Penyerang Tengah Klasik

Barcelona tidak punya penyerang tengah klasik sejak kepergian Luis Suarez ke Atletico Madrid. Salinas menilai De Jong bisa mengisi peran yang ditinggalkan Suarez.

"De Jong adalah penyerang tengah klasik dan Barca tidak memiliki bagian ini sejak Luis Suarez pergi, yang juga bukan patokan nomor sembilan tetapi mampu bermain dengan membelakangi gawang lawan," lanjutnya

"Saya bukan tidak menyukai De Jong, dia memiliki kemampuan yang bagus, dan saya pikir dia dikritik secara tidak adil di hari-hari awalnya di Sevilla."

3 dari 3 halaman

Alternatif untuk Barcelona

De Jong bakal bersaing dengan Memphis Depay, Sergio Aguero dan Martin Braithwaite di lini depan Barcelona. Namun, pemain asal Belanda itu bisa memberikan sesuatu yang berbeda untuk Blugrana.

"De Jong lebih menjadi referensi daripada (Martin) Braithwaite, yang menurut saya belum meyakinkan Koeman dan di pertandingan liga pertama pemain Denmark itu lebih banyak bermain di sayap untuk memanfaatkan pengorbanan defensifnya," tambahnya.

"Masih harus dilihat apa peran dari pemain Belanda adalah ketika Kun Aguero pulih, tetapi De Jong dengan sempurna mendominasi permainan udara, membuat ruang yang baik dan tahu bagaimana melindungi bola dengan baik.

"Dia bisa memberi Anda alternatif untuk menjadi lebih langsung dan dalam permainan rumit di mana satu-satunya solusi biasanya adalah menggantung bola di area penalti untuk menyelesaikannya."

Sumber: Tribal Football

KOMENTAR