BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lionel Messi Sedang Kelelahan, Barcelona Bisa Apa?

13-07-2020 05:20 | Richard Andreas

Lionel Messi (c) AP Photo Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Lionel Messi bukan alien, hanya manusia spesial dengan bakat sepak bola luar biasa. Terbukti, kapten Barcelona itu tidak tampil sebaik biasanya pada beberapa pertandingan terakhir.

Menurut Marca, performa Messi tidak terlalu menonjol sejak sepak bola dilanjutkan kembali beberapa pekan lalu. Memang dia masih memberikan kontribusi penting untuk tim, tapi terbatas, tak segila seharusnya.

Messi tak mencetak gol sebanyak biasanya, tak terlalu mengancam seperti biasanya. Beruntung dia masih punya energi untuk memberikan beberapa operan kunci, yang di antaranya jadi assists untuk rekan-rekannya.

Sayangnya, La Liga bakal segera tuntas, Messi kekalahan di momen krusial. Apa yang akan terjadi pada Barca?

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Memang kelelahan

Teranyar, Messi lagi-lagi berperan penting saat Barca mengalahkan Real Valladolid (1-0). Gol semata wayang Barca lahir dari kaki Arturo Vidal, yang mendapatkan servis Messi di menit ke-15.

Sebagai pelatih, Setien tahu betul bagaimana Messi memaksakan dirinya di setiap pertandingan. Seharusnya Messi tak bermain penuh pada laga kontra Valladolid tersebut, tapi dia juga tak bisa ditarik karena tim tidak unggul dengan nyaman.

"Dia [Messi] mungkin bakal mendapatkan waktu istirahat, ya," buka Setien dikutip dari Marca.

"Saya sudah pernah mengatakan ini padanya sebelumnya, dan mungkin hari ini andai kami mencetak beberapa gol, seperti yang pernah saya katakan, dia mungkin akan ditarik untuk beristirahat."

2 dari 3 halaman

Hanya satu gol

Assist Messi untuk gol Vidal itu mendorongnya mencetak rekor baru dengan 20 assists dalam semusim La Liga. Dia juga merupakan pemain kedua di era modern yang bisa mencetak gol dan assists minimal 20.

Namun, Messi hanya bisa mencetak satu gol dalam tujuh pertandingan terakhir -- gol penalti saat Barca bermain imbang dengan Atletico Madrid -- dan dia jelas terlihat kelelahan.

Sejauh ini, Messi adalah satu-satunya pemain Barca yang tidak pernah ditarik keluar sejak Barca bermain kembali. Messi sedang kelelahan, tapi Barca bahkan tak bisa memberinya kesempatan istirahat.

3 dari 3 halaman

Bukan hanya gol

Lebih lanjut, ternyata bukan hanya soal gol yang membedakan Messi sebelum dan sesudah jeda virus corona. Beberapa statistik lain pun menunjukkan penurunan:

  • Gol per pertandingan: 0,77 (sebelum) vs 0,33 (sesudah)
  • Assist per pertandingan: 0,52 vs 0,89
  • Tembakan per pertandingan: 2,39 vs 1,33
  • Dribel per pertandingan: 6,00 vs 5,89
  • Operan gagal per pertandingan: 9,81 vs 12,11

Statistik perbandingan ini jelas mengindikasikan Messi sedang tidak sebaik biasanya, meski tak semuanya buruk. Lihat saja torehan assists Messi yang justru bertambah pada beberapa pertandingan terakhir.

Operannya untuk gol Vidal ke gawang Valladolid adalah assists nomor 8 Messi sejak sepak bola digulirkan kembali.

Sumber: Marca

KOMENTAR