BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lionel Messi: Kolektifitas Lebih Penting dari Individu

04-12-2018 12:01 | Asad Arifin

Lionel Messi (c) AFP Lionel Messi (c) AFP

Bola.net - Mega bintang Barcelona, Lionel Messi, menyebut jika capaian secara kolektif jauh lebih penting dari capaian individu. Messi pun memastikan jika dirinya masih punya motivasi tinggi untuk lebih baik.

Sepanjang karirnya, Messi sudah meraih banyak gelar di level individu maupun kolektif. Sebagai individu, banyak rekor yang sudah dipecahkan oleh Messi. La Pulga adalah pemegang rekor gol Barcelona.

Selain itu, Messi juga meraih banyak gelar pemain terbaik. Lima gelar Ballon d'Or sudah diraih oleh pemain berusia 31 tahun tersebut.

Messi juga meraih banyak gelar bersama klub. Empat gelar Liga Champions dia rasakan bersama Barca. Di ajang La Liga, Messi sukses meraih sembilan gelar juara. Jika ada yang kurang, itu adalah gelar juara pada turnamen besar untuk timnas Argentina.

1 dari 3 halaman

Kolektif atau Individu?

Menurut Lionel Messi, bermain secara kolektif selalu lebih penting dibanding gelar secara individual. Sebab, sepak bola hakekatnya adalah permainan bersama. Messi akan lebih senang jika seluruh anggota tim ikut bahagia karena gelar juara.

"Di sepak bola selalu terjadi bahwa gelar secara kolektif lebih penting daripada individu," ucap Messi dikutip dari Onda Cero.

"Ketika Anda melihat sisi mana yang lebih penting dalam sepak bola, maka selalu mereka yang bekerja sebagai sebuah tim, yang selalu berjuang satu sama lalin, dan setiap anggota tim punya nilai dan bagian," tandasnya.

"Sangat penting untuk menjadi lebih baik secara individu, tapi juga dalam koridor kolektif. Anda bisa sukses jika bisa membantu tim," tegasnya.

2 dari 3 halaman

Masih Termotivasi

Sebagai pemain profesional, Lionel Messi sudah meraih banyak hal besar Barcelona. Tapi, pemain kelahiran Rosario tersebut mengaku masih belum puas dengan capaian yang diraih. Messi masih termotivasi lebih sukses lagi.

"Harapan di Barcelona begitu tinggi dan itu yang selalu memotivasi saya. Bukan hanya setiap musim, tapi setiap laga. Kami harus berus terus berusaha lebih baik dan menang," tutup pemain berjuluk La Pulga tersebut.

3 dari 3 halaman

Berita Video

Berita video Rheza Danica Juara AP 250 Asia Road Race Championship 2018.

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland