BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Lionel Messi Didapuk Sebagai Playmaker Terbaik Sepanjang Masa Versi IFFHS

24-02-2021 15:02 | Gia Yuda Pradana

Lionel Messi (c) AP Photo Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Satu lagi penghargaan didapat Lionel Messi pada perjalanan kariernya. Kali ini, pemain asal Argentina tersebut didapuk sebagai plamaker terbaik sepanjang masa.

Gelar ini dianugerahkan oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFHS). IFFHS, yang didirikan 24 Maret 1984, merupakan lembaga yang mendokumentasikan sejarah dan statistik di sepak bola dunia.

Di laman mereka, IFFHS membeber metode penilaian yang digunakan. Pertama-tama, mereka membatasi soal istilah playmaker. Playmaker dalam pengertian IFFHS adalah pemain yang mengontrol aliran serangan tim. Playmaker juga, melalui visi, teknik, kontrol bola, kreativitas dan kemampuan passing, kerap terlibat dalam pergerakan dan umpan yang terlibat dalam gol.

Setelahnya, IFFHS membeber perhitungan mereka terkait penentuan poin yang diberikan kepada tiap pemain dalam kategori playmaker. Lembaga ini menghitung raihan tiap playmaker tersebut tiap tahunnya. Selain itu, IFFHS juga menghitung raihan para pengatur permainan tersebut sejak 2006 -ketika mereka pertama kali menggelar penghargaan tahunan kepada playmaker terbaik.

Dengan perhitungan ini, Messi meraih 245 poin dan berada di puncak daftar playmaker terbaik sepanjang masa versi IFFHS.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Trio Barca Meraja

Xavi (c) Bola.net Xavi (c) Bola.net

Bukan hanya Messi, puncak daftar playmaker terbaik sepanjang masa versi IFFHS juga ditempati Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Dua pemain ini merupakan pasangan Messi ketika sama-sama memperkuat Barcelona.

Dalam daftar ini, Iniesta berada di peringkat kedua. Ia meraih 197 poin. Sementara, Xavi berada di posisi tiga dengan raihan 130 poin.

2 dari 2 halaman

Berikut Daftar 10 Playmaker Terbaik Sepanjang Masa Versi IFFHS

Andres Iniesta (c) Bola.net Andres Iniesta (c) Bola.net
  1. Lionel Messi 245
  2. Andres Iniesta 197
  3. Xavi 130
  4. Luka Modric 114
  5. Kevin De Bruyne 103
  6. Toni Kroos 90
  7. Mesut Ozil 85
  8. Andrea Pirlo 82
  9. Eden Hazard 77
  10. Neymar 71.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR