BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lionel Messi dan Barcelona Didenda Rp13 Juta karena Tribut untuk Diego Maradona

03-12-2020 05:11 | Yaumil Azis

Bintang Barcelona, Lionel Messi merayakan gol ke gawang Osasuna, Minggu (29/11/2020) (c) AP Photo Bintang Barcelona, Lionel Messi merayakan gol ke gawang Osasuna, Minggu (29/11/2020) (c) AP Photo

Bola.net - Lionel Messi melakukan tribut untuk sang legenda sepak bola, Diego Maradona, yang baru saja berpulang ke tangan Tuhan. Sayangnya tribut tersebut tidak sesuai dengan aturan yang berlaku di La Liga.

Tribut dilakukan saat Barcelona berhadapan dengan Osasuna dalam laga La Liga akhir pekan kemarin. Messi turut mencetak gol dalam kemenangan 4-0 Barcelona bersama Martin Braithwaite, Antoine Griezmann dan Philippe Coutinho.

Selepas mencetak gol, Messi melakukan selebrasi. Pemain berusia 33 tahun tersebut tiba-tiba melepaskan seragamnya dan menunjukkan jersey Newell's Old Boys dengan nomor punggung 10 sebagai bentuk tribut untuk sang legenda.

Seperti yang diketahui, Maradona pernah memperkuat klub asal Argentina itu semasa karirnya bermain dulu. Sebelum bergabung dengan Boca Juniors dan kemudian mengakhiri karir panjangnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Messi Mendapatkan Sanksi

Tidak ada yang menyangka kalau Messi akan melakukan selebrasi seperti itu. Mulai dari Antoine Griezmann hingga sang pelatih, Ronald Koeman, mengaku terkejut dan tidak tahu menahu kalau Messi telah mempersiapkannya.

Sayangnya, selebrasi menyentuh itu tidak sejalan dengan peraturan. Messi mendapatkan kartu kuning dari wasit usai melakukan selebrasi. Dan baru-baru ini, federasi sepak bola Spanyol menjatuhkan denda sebesar 780 euro (Rp13 juta).

Messi hanya menanggung denda senilai 600 ribu euro, sedangkan sisanya diberikan kepada Barcelona. Pihak klub sendiri sudah memberikan pembelaan dengan berkata kalau sang bintang hanya ingin memberikan tribut ke Maradona.

Federasi sepak bola Spanyol sebenarnya menerima protes dari klub. Namun mereka tetap menjalankan artikel 93 dalam aturan yang menyatakan bahwa pemain harus dihukum saat melakukan selebrasi sembari melepaskan seragam, apapun motifnya.

2 dari 2 halaman

Tribut di Media Sosial

Sebelumnya, Messi juga sempat memberikan tribut kepada sang legenda melalui unggahan di media sosial Instagram. Pesan yang ia tuliskan dalam unggahan tersebut tidak kalah menyentuhnya.

Hari yang sangat menyedihkan untuk seluruh Argentina dan sepak bola. Dia meninggalkan kami tapi tidak pernah pergi, sebab Diego kekal," tulis Messi dalam unggahannya di media sosial Instagram.

"Saya melalui banyak momen menyenangkan bersama dia dan ingin memanfaatkan kesempatan untuk mengirimkan ucapan turut berbelasungkawa kepada keluarga beserta rekannya. Turut berduka cita," tutup Messi.

(Reuters)

KOMENTAR