BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lima Alasan Barcelona Bakal Tekuk Athletic Bilbao di Final Supercopa de Espana

17-01-2021 16:44 | Dimas Ardi Prasetya

Final Supercopa de Espana, Barcelona vs Athletic Bilbao (c) Bola.net Final Supercopa de Espana, Barcelona vs Athletic Bilbao (c) Bola.net

Bola.net - Raksasa La Liga Barcelona akan bersua dengan Athletic Bilbao di final Supercopa de Espana 2020-21 di Estadio de La Cartuja, Sevilla, Senin (18/01/2021) dini hari WIB.

Barcelona sebelumnya sukses melewati hadangan Real Sociedad di babak semifinal. Akan tetapi mereka cukup kewalahan menghadapi perlawanan Sociedad.

Barca pun dipaksa kerja keras. Namun sampai waktu normal, mereka hanya bisa meraih hasil imbang 1-1. Skor tak berubah saat kedua tim menjalani extra time.

Pada akhirnya pemenang laga ini harus ditentukan via adu penalti. Barcelona pun berhasil menang 3-2 atas Sociedad.

Di sisi lain, Athletic Bilbao berhadapan dengan Real Madrid. Pasukan Marcelino Garcia Toral mampu membuat kejutan.

Mereka berhasil menaklukkan Madrid dengan skor 2-1. Gol-gol Bilbao dihasilkan Raul Garcia sementara Madrid hanya bisa membalas melalui Karim Benzema.

Kini Barcelona dan Athletic Bilbao saling berjuang untuk bisa meraih gelar pembuka di awal tahun 2021 ini. Kemenangan di ajang ini akan menjadi pendongkrak semangat untuk bisa menjalani kompetisi di tahun yang berat ini.

Barcelona sendiri tentu sangat diunggulkan untuk bisa meraih kemenangan di pertandingan ini. Terlebih ada setidaknya sejumlah faktor yang membuat Lionel Messi dkk bisa memenangi laga ini.

Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Tradisi Kuat Barcelona

Barcelona adalah tim yang sangat sukses di ajang Supercopa de Espana. Blaugrana merupakan kolektor terbanyak gelar juara di ajang ini.

Total, sudah 13 kali Barcelona jadi juara. Mereka terakhir kali jadi juara pada tahun 2018 lalu.

Barcelona juga menjadi runner-up sebanyak 10 kali. Tim terdekat dengan Barcelona adalah rival abadinya, Real Madrid.

Los Blancos jadi juara sebanyak 11 kali. Mereka juga jadi runner-up sebanyak lima kali.

Lalu bagaimana dengan Athletic Bilbao? Mereka cuma dua kali saja menjadi juara di ajang ini, plus dua kali menjadi runner-up. Bilbao terakhir kali jadi juara pada tahun 2015 silam.

2 dari 5 halaman

Barcelona Miliki Waktu Istirahat Lebih Lama

Sejak musim lalu, banyak pemain yang kelelahan. Sebab jadwal kompetisi menjadi berubah karena adanya pandemi virus corona.

Sejauh ini sudah banyak pemain yang menjadi korban karena kelelahan. Jadi waktu istirahat sesedikit apa pun menjadi keuntungan yang sangat berharga.

Keuntungan itulah yang kini didapatkan oleh Barcelona. Pasukan Ronald Koeman sebelumnya bermain lawan Real Sociedad pada hari Kamis, 14 Januari.

Sementara itu Athletic Bilbao berhadapan dengan Real Madrid sehari sesudahnya, Jumat, 15 Januari 2021. Jadi meski Blaugrana sempat bermain hingga babak adu penalti, mereka masih mendapat jatah istirahat ekstra.

Ronald Koeman harus bisa memanfaatkan keunggulan ini.

3 dari 5 halaman

Barcelona Unggul Rekor Pertemuan

Barcelona jelas merupakan tim yang lebih perkasa dari Athletic Bilbao. Blaugrana pun memiliki rekor pertemuan yang apik atas Bilbao.

Barcelona cuma kalah tiga kali saja dari Bilbao dalam 10 pertemuan terakhir mereka di semua ajang kompetisi. Rinciannya, Blaugrana menang empat kali dan sisanya imbang.

Sang pelatih Bilbao yakni Marcelino bahkan juga memiliki rekor yang buruk melawan Barcelona. Sejauh ini ia kalah 15 kali, imbang enam kali dan cuma menang sekali saja.

Bilbao sendiri terakhir kali melawan Barcelona pada 7 Januari 2021 kemarin. Bermain di markas sendiri yakni San Mame, mereka takluk dengan skor 2-3.

Gol-gol Barcelona dihasilkan Pedri dan brace Lionel Messi. Sementara gol balasan Bilbao dihasilkan oleh Inaki Williams dan Iker Muniain.

4 dari 5 halaman

Messi yang Tersenyum Lagi

Lionel Messi saat ini masih bisa dibilang sebagai nyawa dari Barcelona. Ia adalah pemain yang sangat vital bagi Blaugrana.

Jika Messi tak tampil dalam performa terbaiknya, ada kans Barca bakal tumbang atau tak bisa meraih hasil maksimal. Hal tersebut terlihat pada awal-awal musim ini.

Akan tetapi belakangan ini Messi mulai tersenyum lagi. Ia mulai rutin mencetak gol dan performa Blaugrana pun terangkat. Dari sembilan laga terakhirnya Blaugrana belum pernah meraih kekalahan.

Rinciannya, tujuh kali menang dan dua kali imbang. Barcelona terakhir kali kalah saat melawan Juventus di Liga Champions.

Messi sendiri berhasil mencatatkan tujuh gol dalam tujuh pertandingan terakhirnya di semua ajang kompetisi. Ia juga menyumbangkan dua assist.

Sebelumnya memang ada kabar bahwa Messi bisa menepi saat lawan Bilbao. Sebab ia sebelumnya mengalami cedera lutut kala berduel melawan Granada.

Akan tetapi kabar terakhir menyebut bahwa Messi sudah mulai berlatih lagi dengan skuat Barcelona. Jika tak bisa jadi starter, ada kemungkinan La Pulga akan main sebagai pemain pengganti.

5 dari 5 halaman

Griezmann Juga Ikut Tersenyum

Salah satu problem besar Barcelona sejak tahun lalu adalah Antoine Griezmann. Mereka kesulitan menemukan cara agar pemain Prancis itu bisa gacor seperti saat di Atletico Madrid.

Kini sepertinya Blaugrana sudah menemukan cara tersebut. Sebab belakangan ini performa Griezmann terlihat mengalami peningkatan.

Ia mencetak dua gol saat Barcelona menang atas Granada, plus satu assist. Sebelumnya, Griezmann juga berhasil mencatatkan satu assist saat melawan Athletic Bilbao.

KOMENTAR