La Masia Mulai Tak Berfungsi di Barcelona

Bola.net | 31 Mei 2018, 10:33
Messi dan Iniesta. (c) AFP
Messi dan Iniesta. (c) AFP
- Barcelona dahulu dikenal sebagai salah satu tim yang tahu benar caranya memanfaatkan pemain muda. Memiliki akademi bernama La Masia, banyak bintang Barca yang lahir dari sana dan menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.


Mantan presiden Barca, Joan Laporta pun membanggakan produktifnya La Masia kala itu. Tapi sayangnya saat ini La Masia sudah tidak begitu diperhatikan, Barcelona lebih memilih membeli pemain jadi yang harganya tidak murah.


"Itu benar-benar menyedihkan. Pemain tim utama harus bisa mengajar pemain yang tumbuh di tim dan itu memang harus dilakukan untuk membantu mereka melewati masa perkembangan," ujar Laporta kepada marca.


"Deco mengajar mengajar Xavi dan Iniesta, Pique mendapat guru hebat seperti Marquez atau Puyol, Ronaldinho membimbing Messi."


Hal itulah yang saat ini sudah hilang dari Barcelona, setidaknya dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini satu jebolan La Masia yang cukup terkenal adalah Sergi Roberto. (mrc/dre)

1 dari 2 halaman

Transfer Tak Terbendung


Transfer Tak Terbendung

Barcelona sebenarnya juga tidak bisa disalahkan penuh terkait keputusan mereka membeli pemain jadi. Betapa tidak, saat ini pasa dunia sepak bola sudah bisa dibilang kelewat batas.

Harga-harga pemain terus melonjak, dan pemain termahal di dunia terakhir adalah Neymar yang dijual Barca ke PSG 200 juta paun. Nahasnya, hal ini memulai efek domino yang buruk.

Betapa tidak, kepindahan Neymar secara tidak langsung telah membuat standar tersendiri untuk nilai jual pemain berikutnya. Jika di masa depan ada pemain yang lebih hebat dari Neymar, berapa pantasnya dia dihargai?
2 dari 2 halaman

Persaingan dengan Real Madrid


Persaingan dengan Real Madrid

Lebih lanjut, Barcelona tidak bisa hanya mengandalakan lulusan La Masia untuk bersaing dengan rival abadi mereka, Real Madrid. Tim asuhan Zinedine Zidane itu terus meningkatkan kualitas kuatnya setiap tahun, dan Barca tertuntut untuk melakukan yang sama.

Memang benar bahwa Barca berhasil menjuarai La Liga musim ini, tapi di saat yang sama Madrid berhasil merebut trofi Liga Champions. Tentunya musim depan kedua tim bersiap untuk memperkuat skuat, dan lagi-lagi La Masia akan menjadi pilihan kesekian. [initial]



KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR