BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

La Liga Kembali, Ini yang Perlu Kamu Ketahui Soal Duel Barcelona-Real Madrid di Puncak Klasemen

09-06-2020 06:00 | Richard Andreas

Eden Hazard (c) AP Photo Eden Hazard (c) AP Photo

Bola.net - Setelah tiga bulan tanpa sepak bola, Barcelona dan Real Madrid bakal kembali dengan duel merebut gelar La Liga musim 2019/20 ini. Sisa 11 pertandingan diyakini bakal berlangsung seru, peluang keduanya masih terbuka lebar.

Barca masih unggul di puncak klasemen sementara, tapi hanya 2 poin dari Madrid yang mengejar. 2 poin tampak dekat, tapi juga bisa terbilang jauh untuk dua tim terkuat Spanyol ini.

Menurut Marca, masih ada banyak kemungkinan yang tidak terduga, termasuk mengakhiri musim dengan jumlah poin sama. Jika itu terjadi, justru Madrid yang bakal jadi juara karena unggul head to head.

Bagaimanapun, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sepertinya hanya Barca dan Madrid yang bakal jadi juara. Karena itu bakal lebih baik mengamati kondisi terkini kedua tim menjelang kembalinya pertandingan.

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 4 halaman

Barcelona

Luis Suarez, Barcelona (c) AP PhotoLuis Suarez, Barcelona (c) AP Photo

Peringkat 1 dengan 58 poin
Update tim: Luis Suarez pulih

Tujuan Barca jelas: mempertahankan keunggulan 2 poin dari Real Madrid sampai akhir musim. Kendati demikian, bukan berarti mempertahankan 2 poin itu mudah.

Pasalnya, pasukan Quique Setien tidak bermain terlalu baik sebelum jeda beberapa bulan lalu. Semua pemain menyadari bahwa mereka harus berkembang, mulai dari Lionel Messi dampai Ivan Rakitic.

Untuk itu, jeda tiga bulan ini sebenarnya cukup menguntungkan Barca untuk memperbaiki sejumlah masalah. Juga kini mereka bakal diperkuat Luis Suarez, yang awalnya diduga bakal cedera sampai akhir musim.

Paling tidak, Messi tidak akan memikul beban seorang diri. Bersama Suarez, Barca punya ancaman lebih dalam menjebol gawang lawan.

2 dari 4 halaman

Bintang: Lionel Messi

Jelas, tidak bisa dibantah. Messi akan sekali lagi jadi bintang utama, memikul Barca melewati 11 pertandingan sisa dalam kondisi sebaik mungkin.

11 pertandingan masih cukup panjang, yang berarti ada banyak hal yang bisa terjadi. Terlebih, karena jadwal yang terlalu padat, ada risiko kelalahan dan cedera pemain.

Pada saat seperti itu biasanya permainan Barca memburuk, tapi tidak untuk Messi. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Messi ada untuk menggendong Barca sampai ke puncak tangga juara.

3 dari 4 halaman

Real Madrid

Eden Hazard (c) AP PhotoEden Hazard (c) AP Photo

Peringkat 2 dengan 56 poin
Update tim: Eden Hazard dan Marco Asensio pulih

Tidak ada pilihan lain, Madrid harus mencoba menyapu bersih 11 pertandingan yang tersisa. Terbukti, sejauh ini Zinedine Zidane berusaha meringankan tekanan di pundak timnya untuk menghadapi tantangan besar itu.

Para pemain tahu bahwa mereka tidak bisa tersandung, harus sempurna 11 pertandingan. Jika tidak, Barca bakal semakin nyaman di depan dan tidak akan terkejar.

Terakhir kali Madrid mampu merangkai 11 kemenangan beruntun terjadi pada musim 2015/16, juga Zidane sebagai pelatih. Tugas ini sulit, tapi Zidane beruntung bisa mendapatkan tenaga tambahan dengan kembalinya Eden Hazard dan Marco Asensio.

4 dari 4 halaman

Bintang: Sergio Ramos

Madrid mungkin punya banyak penyerang hebat, tapi Sergio Ramos-lah yang berperan penting menjaga kondisi ruang ganti. Sang kapten selalu tahu apa yang harus dilakukan dan kapan melakukannya.

Ramos masih merupakan salah satu pemain terpenting dalam skuad Madrid. Tidak hanya urusan bertahan, kehadirannya di lapangan bisa meningkatkan kepercayaan diri para pemain.

Satu-satunya yang perlu dikontrol Ramos dengan lebih baik adalah sifat temperamentalnya. Jika mampu, dia bakal jadi bek tengah terbaik di dunia yang juga mampu mencetak gol-gol penting.

Sumber: Marca

KOMENTAR