BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kronik Luis Suarez: Nomor 9 Terbaik di Barcelona?

24-09-2020 10:06 | Asad Arifin

Luis Suarez, Barcelona (c) AP Photo Luis Suarez, Barcelona (c) AP Photo

Bola.net - Luis Suarez meninggalkan Barcelona dengan air mata. Walau berpisah dengan cara yang pahit, Luis Suarez pantas dikenang sebagai salah satu legenda klub asal Catalan itu.

Barcelona dan Luis Suarez berpisah jalan, setelah bersama sejak 2014 lalu. Barcelona, di bawah kendali Ronald Koeman, tidak lagi butuh jasa Luis Suarez.

Sempat dikabarkan hendak pindah ke Juventus, Luis Suarez akhirnya berlabuh ke Atletico Madrid. Sang pemain telah meneken kontrak dengan durasi dua tahun bersama tim asuhan Diego Simeone.

Didepaknya Luis Suarez dari skuad Barcelona sungguh ironis. Sebab, dia masih tampil bagus musim 2019/2020 lalu dengan 21 gol. Apalagi, jika melihat jasa benarnya bagi klub asal Catalan.

Luis Suarez pantas disebut salah satu nomor 9 terbaik di Barcelona. Tak Percaya?

1 dari 6 halaman

Bom Bernama Trio MSN

Neymar, Lionel Messi dan Luis Suarez (c) AFP Neymar, Lionel Messi dan Luis Suarez (c) AFP

Barcelona membeli Luis Suarez dari Liverpool pada 2014 lalu. Pemain asal Uruguay memainkan debutnya di Barcelona pada laga El Clasico, melawan Real Madrid. Namun, Barca kalah dengan skor 3-1 pada laga di Bernabeu.

Tiga tahun pertama Luis Suarez bersama Barcelona berjalan indah. Dia menemukan kombinasi maut bersama Neymar dan Lionel Messi di lini depan Barcelona. Kolaborasi ini dikenal dengan Trio MSN.

Tiga pemain Amerika Selatan itu menjadi andalan Luis Enrique. Mereka meraih treble pada musim 2014/2015, musim pertama Luis Suarez.

Luis Suarez tampil impresif dengan catatan 25 gol, termasuk satu gol di final Liga Champions. Selain itu, Luis Suarez juga mencetak 24 assist.

2 dari 6 halaman

Sepatu Emas dan 4 Gelar Juara

Luis Suarez (c) FCB Luis Suarez (c) FCB

Musim pertama berlalu dengan indah bagi Luis Suarez. Pada musim kedua, 2015/2016, Luis Suarez tampil lebih bagus lagi. Jumlah golnya meningkat signifikan. Kombinasi dengan Messi dan Neymar makin bagus.

Luis Suarez mencetak 59 gol dan 22 asssit. Jumlah golnya bahkan lebih banyak dari Lionel Messi. Luis Suarez pun mendapatkan Sepatu Emas Eropa atas torehan ini.

Bukan hanya di level individu, Luis Suarez juga tampil bagus di level kolektif. Empat gelar juara dibawa ke Camp Nou. Hanya saja, mereka gagal mengulang catatan menjadi juara Liga Champions.

3 dari 6 halaman

Comeback Lawan PSG

Suarez dan Messi. (c) AFP Suarez dan Messi. (c) AFP

Pada musim 2016/2017, catatan gol Luis Suarez memang menurun. Pemain dengan julukan El Pistolero itu mampu mencetak 37 gol. Dua gelar juara mampu diberikan Luis Suarez pada Barcelona.

Musim ini, ada satu momen epik yang dijalani Luis Suarez bersama Barcelona. Momen itu adalah comeback di laga melawan PSG pada ajang Liga Champions.

Barcelona kalah 4-0 pada leg pertama di Parc de Princes. Saat itu, semua memprediksi Barcelona akan tersingkir. Namun, pada leg kedua, Barcelona menang 6-1 atas PSG di Camp Nou.

Luis Suarez mencetak satu gol pada menit ke-3. Barcelona pun melaju ke babak perempat final.

4 dari 6 halaman

Momen Buruk Musim 2017/2018

Messi dan Suarez. (c) AFP Messi dan Suarez. (c) AFP

Neymar meninggalkan Luis Suarez dan Lionel Messi pada musim panas 2017. Tidak ada lagi Trio MSN yang menjadi andalan Barcelona dalam tiga musim terakhir. Luis Suarez dan Messi berjuang sendirian.

Barcelona pun mengalami perubahan di posisi pelatih, Ernesto Valverde masuk menggantikan Luis Enrique.

Luis Suarez tidak tampil buruk, dia tetap mencetak di atas 36 gol. Akan tetapi, ada momen memalukan yang terjadi. Barcelona di-comeback AS Roma di Liga Champions setelah unggul 4-1 pada leg pertama babak perempat final.

5 dari 6 halaman

Patner Terbaik Lionel Messi

Lionel Messi dan Luis Suarez (c) AFP Lionel Messi dan Luis Suarez (c) AFP

Luis Suarez adalah pasangan terbaik Lionel Messi di atas lapangan. Mereka juga punya hubungan baik sebagai sahabat. Messi dan Luis Suarez acap kali makan malam dan berlibur bersama.

Lionel Messi memberikan 39 assist untuk Luis Suarez, paling banyak dibanding pemain lain.

Sebaliknya, Luis Suarez juga menjadi pemain yang paling sering membuat assist untuk Lionel Messi. Mantan pemain Liverpool memberi 47 assist untuk Messi. Unggul dari Neymar [42], Dani Alves [41], dan Xavi [32].

6 dari 6 halaman

Nomor 9 Terbaik di Barcelona?

Luis Suarez (c) AFP Luis Suarez (c) AFP

Luis Suarez memang hanya enam musim di Barcelona. Dia juga hanya meraih satu gelar Liga Champions bersama klub asal Catalan. Namun, dia pantas disebut sebagai nomor 9 terbaik di Barcelona.

Sebab, dari enam musim itu, Luis Suarez mampu mencetak 198 gol untuk Barcelona. Jika yang dihitung adalah gol di level kompetitif, maka hanya dua pemain yang punya gol lebih banyak dari Luis Suarez: Messi (634) dan Cesar [232].

Yang membuat mereka bisa mencetak gol lebih banyak adalah bermain lebih lama di Barcelona. Cesar bermain di Barcelona pada 1939 hingga 1955.

Catatan gol Luis Suarez lebih baik dari penyerang top lain seperti Eto'o (130 gol), Patrick Kluivert (122), Thierry Henry (49), David Villa (48) dan Ronaldo Nazario (47).

Sumber: Marca

KOMENTAR