BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Krisis Internal Barcelona Lebih Buruk dari yang Diduga?

29-10-2019 14:00 | Richard Andreas

Lionel Messi. (c) AP Photo Lionel Messi. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona mulai kesulitan menyembunyikan maslah internal mereka. Perlahan terendus, kondisi internal Barca mungkin tidak sebaik yang terlihat dari luar.

Sejak awal musim ini, pasukan Ernesto Valverde belum benar-benar melaju kencang. Ada sejumlah masalah yang mengganggu Barca, mulai dari cedera, eksperimen taktik, sampai pemain yang kelelahan.

Untungnya, Barca bisa melewati masalah itu satu per satu. Kembalinya Lionel Messi jelas jadi satu dorongan besar. Barca mulai memetik kemenangan dan dengan demikian masalah itu mulai dilupakan, tapi belum benar-benar tuntas.

Apa yang sebenarnya terjadi? Mengutip Sport, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 4 halaman

Tidak Cukup Bagus

Beberapa waktu lalu, Marc-Andre ter Stegen melontarkan komentar kritis terhadap permainan Barca kala mengalahkan Slavia Praha 2-1. Dia merasa Barca masih belum bisa bermain sebaik seharusnya.

"Kami tidak bermain di level yang diinginkan namun untungnya kami mendapatkan tiga poin, yang merupakan hal terpenting. Sepertinya penting untuk membicarakan beberapa hal," tutur Ter Stegen.

Tentu, komentar Ter Stegen itu mengindikasikan ada masalah internal dalam tim Barca. Seperti yang pernah dikatakan Gerard Pique, beberapa pekan sebelumnya.

2 dari 4 halaman

Pemberontakan Pique

Sebelum suara Ter Stegen itu, ada protes Pique yang jadi polemik. Bek tengah senior ini menuding pihak klub telah menjadikan pemain sebagai kambing hitam.

Di tengah kesulitan Barca beberapa bulan lalu, hanya pemain-pemain yang disalahkan. Entah Pique sendiri, entah Griezmann, selalu ada pemain yang jadi korban.

Pique muntab. Dia menyindir pihak klub yang seharusnya ikut menanggung salah. Pemain-pemain Barca bertumbangan diserang cedera karena pramusim yang terlalu berat.

Siapa yang merancang jadwal pramusim? Tentu para pimpinan.

3 dari 4 halaman

Komentar Valverde

Kini, giliran Valverde yang mengomentari masalah-masalah Barca tersebut. Di tengah tekanan yang dia hadapi, Valverde masih harus menjawab pertanyaan tentang masalah tim.

Dia mengakui permainan Barca belum sempurna, masih ada sejumlah masalah. Namun, jelas Barca akan menyelesaikannya di dalam klub, tidak sampai keluar.

"Jika kami harus menyelesaikan sesuatu, kami akan menyelesaikannya di dalam klub, tidak di depan publik," tegas Valverde.

Secara tidak langsung Valverde sudah mengakui bahwa ada masalah dalam internal Barcelona. Pertanyaannya: separah apa?

4 dari 4 halaman

Lebih Buruk?

Komentar Valverde di atas membuktikan bahwa Barca belum menyelesaikan masalah mereka. Krisis internal ini sudah mengganggu sejak berbulan-bulan lalu dan masih belum terselesaikan sampai sekarang.

Artinya, bisa jadi masalah yang sebenarnya lebih besar dari yang diduga. Ruang ganti Barca terlalu kuat, pihak klub semena-mena, Valverde ada di tengah.

Sumber: Sport

KOMENTAR