BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Kontroversi Protes 'Karakter Luar Biasa' yang Bikin Ronald Koeman Dapat Kartu Merah

30-04-2021 15:25 | Asad Arifin

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman (c) AP Photo Pelatih Barcelona, Ronald Koeman (c) AP Photo

Bola.net - Ronald Koeman mendapat kartu merah saat Barcelona kalah dari Granada. Berdasar data laporan yang dibuat wasit, Koeman menerima hukuman itu setelah berkata 'karakter yang luar biasa'.

Barcelona berjumpa Granada pada laga tunda pekan ke-33 La Liga, Jumat (30/4/2021) dini hari WIB. Pada duel yang digelar di Camp Nou itu, Barcelona unggul lebih dulu dari gol Lionel Messi.

Namun, Barcelona limbung pada babak kedua. Granada menyamakan skor pada menit ke-63 lewat gol Darwin Machis. Lalu, pada menit ke-79, Granada mencetak gol kedua dari aksi Jorge Molina.

1 dari 4 halaman

Alasan Ronald Koeman Terima Kartu Merah

Koeman protes kepada ofisial keempat atas gol pertama yang dicetak Granada . Pelatih asal Belanda itu mendekati wasit. Setelah itu, wasit utama Pablo Gonzalez menghampiri Koeman.

Kartu merah diacungkan kepada pelatih asal Belanda. Koeman sempat menunjukkan gestur tidak puas dan protes. Namun, dia kemudian menuruti perintah wasit. Koeman meninggalkan area teknis dan masuk ke ruang ganti.

Dikutip dari Sport, laporan wasit mengungkap alasan di balik kartu merah Koeman. Rupanya, pelatih asal Belanda itu memberi argumen yang mempertanyakan keabsahan gol Granada pada ofsial keempat.

"Setelah diperingatkan atas pengamatannya, Koeman kembali mendekati ofisial keempat dengan mengatakan kata-kata berikut: 'Karakter yang luar biasa'." tulis laporan wasit tersebut.

2 dari 4 halaman

Kontroversi

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman (c) AP Photo Pelatih Barcelona, Ronald Koeman (c) AP Photo

Jurnalis Marca, Luis F. Rojo, menulis opini yang pedas atas insiden kartu merah Koeman. Dia menilai keputusan itu aneh, bahkan melakukan. Rojo merasa Koeman tidak melakukan hal yang buruk.

Rojo khawatir hukuman untuk Koeman itu terkait dengan sikapnya yang acap kali bicara terbuka. Koeman selama ini sering menyerang VAR atau protes pada keputusan wasit secara terbuka di hadapan media.

3 dari 4 halaman

Absen 2 Laga Krusial

Skuad Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Getafe, Jumat (23/4/2021) (c) AP Photo Skuad Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Getafe, Jumat (23/4/2021) (c) AP Photo

Ronald Koeman ibarat jatuh tertimpa tangga. Sebab, bukan hanya Barcelona kalah, Koeman juga akan mendapat sanksi larangan mendampingi Barcelona pada dua laga ke depan.

Celakanya, dua laga ke depan punya arti yang sangat penting bagi Barcelona. Sebab, Barcelona akan berjumpa Valencia dan sang pemuncak klasemen Atletico Madrid. Laga yang menentukan persaingan gelar juara La Liga.

Barcelona mengajukan banding atas hukuman itu. Barcelona tentu tidak ingin Koeman absen pada laga 'final' melawan Atletico di pekan ke-35.

4 dari 4 halaman

Ronald Koeman Sangat Marah

Ronald Koeman marah besar usai laga melawan Granada. Pria yang pernah melatih timnas Belanda itu masih tidak terima mendapat kartu merah. Koeman yakin melakukan protes dengan cara normal dan tidak memilih diksi yang buruk.

"Menurut laporan itu, saya tidak menghormati ofisial keempat. Saya tidak mengerti karena saya tidak menghinanya sama sekali. Jika ada yang menghina, cara berbicaranya kepada saya tidak sopan."

"Saya berbicara dengannya tentang berbagai insiden tetapi selalu dengan hormat. Saya ingin tahu kata-kata apa yang seharusnya saya gunakan karena saya tidak mengatakan sesuatu yang jelek," kata Ronald Koeman.

Sumber: Marca, Sport

KOMENTAR