BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Koeman Tetap Dapat Pesangon Meski Kontraknya Tidak Diperpanjang Barcelona, Kok Bisa?

21-09-2021 09:47 | Yaumil Azis

Ronald Koeman ketika Barcelona menjamu Granada pada pekan kelima La Liga 2021/2022 (c) AP Photo
Ronald Koeman ketika Barcelona menjamu Granada pada pekan kelima La Liga 2021/2022 (c) AP Photo

Bola.net - Umumnya, sebuah klub tak perlu memberi pesangon kepada pelatih atau pemain yang kontraknya berakhir. Namun ini tidak berlaku buat Ronald Koeman di Barcelona.

Koeman diangkat sebagai pelatih ketika Barcelona masih di bawah kepemimpinan Josep Maria Bartomeu. Pria berdarah Belanda tersebut ditunjuk sebagai pengganti Quique Setien yang dicap gagal.

Musim perdananya tidak berakhir dengan sukses. Meski mampu mempersembahkan trofi, kegagalan di pentas La Liga dan Liga Champions tetap membuat Koeman dilabeli sebagai pelatih gagal juga.

Presiden baru Barcelona, Joan Laporta, sempat dikabarkan ingin mengganti Koeman dengan sosok lain. Namun sampai kompetisi dimulai, ia tidak melakukan itu dan membiarkan Koeman melanjutkan kiprahnya di Camp Nou.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Tetap Dapat Pesangon

Memecatnya di tengah-tengah kompetisi berjalan bukanlah langkah yang bijak. Sebab, Barcelona harus memberikan pesangon kepada Koeman. Oleh karenanya, langkah terbaik adalah membiarkan dia menghabiskan sisa kontraknya.

Sialnya, Barcelona tetap harus keluar uang kalau tidak memperpanjang masa abdi Koeman. Perjanjian terkait hal itu tertuang dalam kontrak yang ditandatangani Koeman ketika klub masih dipimpin Bartomeu.

Nilainya pun tidak bisa dikatakan sedikit. Menurut El Club de la Mitjanit, Barcelona harus membayar sebesar enam juga euro (setara Rp100 Miliar) jika manajemen memilih untuk tidak memperpanjang masa abdinya.

2 dari 2 halaman

Biaya Putus Kontrak di Timnas Belanda

Bisa dikatakan kalau ini adalah bentuk balas budi klub kepada Koeman. Dalam laporan yang sama, diketahui bahwa itu adalah nilai yang harus dikeluarkan Koeman untuk memutus kontraknya di Timnas Belanda demi memenuhi pinangan Barcelona.

Posisi Koeman mungkin terlihat tersudut karena beberapa hasil buruk yang menimpa Barcelona belakangan ini. Tapi pada akhirnya, Koeman-lah yang sedang berada di atas angin karena bisa mengantongi uang apapun keputusan klub.

Kalau memecat Koeman lebih cepat, Barcelona bisa dihadapkan dengan biaya yang semakin membengkak. Pesangon yang harus dibayarkan mencapai 14 juta euro (setara Rp233 Miliar).

(El Club de la Mitjanit - via Marca)

KOMENTAR