BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Koeman Jadi Kunci Kesuksesan Barcelona Menangi Perburuan De Jong

26-10-2020 20:19 | Dimas Ardi Prasetya

Frenkie De Jong (c) AP Photo Frenkie De Jong (c) AP Photo

Bola.net - Frenkie de Jong mengungkapkan dirinya memutuskan menerima pinangan Barcelona berkat bisikan dari pelatih Blaugrana saat ini yaitu Ronald Koeman.

De Jong tampil memikat bersama Ajax Amsterdam pada musim 2018-19 lalu. Barcelona lantas membelinya pada Januari 2019 lalu dengan bandrol 75 juta euro.

De Jong baru merapat ke Barca pada musim panas 2019. Ia pun menjadi salah satu pemain andalan lini tengah Blaugrana.

Sementara itu Koeman baru merapat ke Barcelona pada musim panas 2020 kemarin. Ia masuk menggantikan Quique Setien.

1 dari 2 halaman

Bisikan Koeman pada De Jong

Sebelum pindah ke Barcelona, Frenkie de Jong ternyata sempat meminta masukan pada Ronald Koeman. Ini wajar saja karena Koeman merupakan salah satu legenda di klub Catalan tersebut.

De Jong mengatakan bahwa Koeman memberikan masukan-masukan yang positif. Dari situlah, pemain 23 tahun itu akhirnya memutuskan menerima pinangan Barcelona meski kabarnya juga diincar klub besar lainnya seperti Manchester City dan PSG.

"Saya berbicara dengannya [melalui telepon lebih dari setahun lalu] dan ia sangat positif tentang Barcelona sebagai klub serta Barcelona sebagai kota. Jadi apa yang ia katakan kepada saya hampir semuanya positif," ungkap De Jong kepada UEFA.com.

2 dari 2 halaman

Harus Hati-Hati

Pelatih Barcelona Ronald Koeman. (c) AP Photo Pelatih Barcelona Ronald Koeman. (c) AP Photo

Frenkie de Jong juga mengatakan Ronald Koeman memintanya hati-hati jika memutuskan pindah ke Camp Nou. Hati-hati di sini maksudnya adalah agar gelandang timnas Belanda itu tak merasa terlalu nyaman tinggal di Barcelona karena kota itu begitu indah.

"Ia hanya mengatakan kepada saya bahwa saya harus berhati-hati, bahwa saya [tidak boleh] pergi ke restoran terlalu sering atau makan terlalu banyak karena kehidupan di Barcelona sangat bagus dan terkadang Anda merasa seperti sedang berlibur sepanjang tahun," ucapnya.

"Ia hanya berkata, 'Hati-hati dengan itu dan, selebihnya, semuanya sangat baik.' Pada akhirnya, sepak bola adalah bagian utama," tegas De Jong.

Ronald Koeman memperkuat Barcelona dari tahun 1989 hingga 1995 silam. Sementara itu Frenkie de Jong saat ini terikat kontrak di Camp Nou hingga musim panas 2026.

(UEFA)

KOMENTAR