Kesedihan Berlapis Ronald Araujo: Ultimatum Barcelona, Kebutuhan Uruguay, dan Gagal Main di Piala Dunia 2022

Abdi Rafi Akmal | 9 Desember 2022, 15:13
Kesedihan Berlapis Ronald Araujo: Ultimatum Barcelona, Kebutuhan Uruguay, dan Gagal Main di Piala Dunia 2022
Pemain Barcelona, Ronald Araujo (kiri) dan Marc-Andre Ter Stegen. (c) AP Photo

Bola.net - Ronald Araujo melewati salah satu momen paling menyedihkan di dalam kariernya. Ia mengalami kesedihan berlapis yang datang dari klub dan timnas.

Pemain berusia 24 tahun itu gagal mencicipi Piala Dunia pertama sepanjang kariernya akibat cedera. Kendati begitu, sang pemain tetap diberangkatkan oleh Uruguay ke Qatar.

Ya, Araujo mengikuti program pemulihan yang intens bersama tim medis Uruguay. Harapannya jika saja sang pemain sembuh lebih cepat, ia bisa memperkuat tim.

Harapan itu pupus lantaran Uruguay tersingkir di fase grup Piala Dunia 2022. Di saat yang bersamaan, ia terpaksa mencegah percepatan pemulihannya gara-gara ultimatum dari Barcelona sebagai pemilik.

1 dari 4 halaman

Cedera Otot

Araujo mengalami cedera tepat di jeda internasional terakhir sebelum Piala Dunia 2022. Bek tengah itu menderita cedera otot saat melawan Iran.

Alhasil, Araujo diperkirakan akan absen dari Piala Dunia 2022. Meski begitu, sang pemain tetap dibawa Uruguay ke Qatar untuk melakukan pemulihan.

“Saya menjalani pemulihan saya dengan banyak tekanan,” katanya dikutip dari Barca Universal.

2 dari 4 halaman

Beda Kepentingan

Ronald Araujo saat membela Uruguay melawan Chile di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL di Stadion San Carlos de Apoquindo, Selasa (29/03/2022). (c) EFE via AP Photo

Ronald Araujo saat membela Uruguay melawan Chile di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL di Stadion San Carlos de Apoquindo, Selasa (29/03/2022). (c) EFE via AP Photo

Keputusan Uruguay untuk membawa Araujo tidak lepas dari perannya sebagai pemain utama tim nasional. Proses pemulihan di Qatar diharapkan bisa membuka peluang Araujo bermain di sisa fase yang ada.

Keinginan Uruguay untuk segera memainkan Araujo ditentang oleh Barcelona. Barcelona justru mengultimatum Uruguay agar tidak buru-buru dalam pemulihan dan memainkan Araujo.

Barcelona bahkan sempat berencana mengadukan Uruguay ke FIFA jika masih memaksakan. “Barca tidak menginginkan saya untuk buru-buru bermain, tetapi timnas menginginkan saya untuk bermain,” akunya.

3 dari 4 halaman

Gagal Main

Araujo akhirnya rela untuk tidak mempercepat proses kesembuhannya agar bisa bermain di fase grup. Ia lalu menargetkan bisa bermain di babak 16 besar.

Tapi kita semua tahu apa yang terjadi di laga terakhir Uruguay. Meskipun menang atas Ghana, Uruguay justru tidak lolos gara-gara Korea Selatan menag atas Portugal.

“Saya akhirnya mencoba mempersiapkan diri untuk main di babak 16 besar, tetapi sayangnya kami gagal mencapainya,” kata Araujo mengakhiri.

Sumber: Barca Universal

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR