BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Keputusan yang Mengubah Karir Messi: Barcelona Tolak Rekrut Ronaldo Karena Ronaldinho

13-01-2021 20:25 | Dimas Ardi Prasetya

Reuni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada duel Barcelona vs Juventus, Liga Champions 2020/21. (c) AP Photo Reuni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada duel Barcelona vs Juventus, Liga Champions 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona sempat pernah ditawari merekrut Cristiano Ronaldo namun menolaknya karena ada Ronaldinho, sosok yang kemudian ikut berperan besar membesarkan Lionel Messi.

Messi merupakan pemain didikan akademi La Masia Barcelona. Ia mulai dipercaya masuk skuat senior Blaugrana pada tahun 2004.

Messi kemudian menjelma menjadi seorang superstar. La Pulga memang memiliki bakat luar biasa akan tetapi perkembangannya tak luput berkat didikan banyak pemain hebat selama di Camp Nou.

Salah satunya adalah Ronaldinho. Pemain asal Brasil itu sendiri mulai menghuni skuat Barcelona sejak tahun 2003.

1 dari 2 halaman

Barcelona Ditawari Rekrut Cristiano Ronaldo

Ronaldinho saat itu didatangkan oleh Barcelona dari PSG. Namun sebelum ia datang ke Camp Nou, Blaugrana ternyata sempat ditawari untuk merekrut Cristiano Ronaldo dari Sporting Lisbon.

Hal tersebut terungkap dari pernyataan presiden Barcelona saat itu, Joan Laporta. Politisi Spanyol tersebut kala itu mengaku ditawari oleh agen Rafael Marquez untuk memboyong Ronaldo dengan harga miring.

"Kami baru saja akan mendatangkan Ronaldinho dan Rafa Marquez," kata Laporta dalam obrolan dengan akun Twitter, Iniestazo, via Marca.

"Orang-orang Marquez mengusulkan Cristiano Ronaldo kepada kami. Ia berada di Sporting Clube pada saat itu," kenangnya.

"Salah satu agennya mengatakan bahwa mereka memiliki pemain yang mereka jual ke [Manchester] United seharga 19 juta, tetapi mereka akan menjualnya kepada kami seharga 17 juta," beber Laporta.

2 dari 2 halaman

Lewatkan Ronaldo Karena Ronaldinho

Akan tetapi peluang untuk mendatangkan Cristiano Ronaldo itu dilewatkan oleh Joan Laporta. Sebab ia sudah kadung meneken perjanjian untuk memboyong Ronaldinho.

"Tapi kami sudah berinvestasi pada Ronaldinho pada saat itu. Cristiano bermain lebih melebar daripada di tengah," serunya.

Pada akhirnya Ronaldo jadi merapat ke Manchester United. Di sana ia menjelma menjadi salah satu pemain terbaik di dunia sebelum akhirnya pindah ke Real Madrid pada tahun 2009.

"Kami pikir [jalan] kami tertutup. Jadi kami menolaknya dan saya tidak menyesalinya," aku Laporta.

Jika saja Cristiano Ronaldo jadi pindah ke Barcelona, bisa jadi pemain dan staf pelatih Blaugrana saat itu menutup mata pada potensi Lionel Messi dan tak membawanya ke tim utama Blaugrana. Bisa saja karir Messi saat itu redup atau ia malah bersinar di klub lain.

(Marca)

KOMENTAR