Kata Pique, Mourinho yang Usir Guardiola dari Barcelona!

Richard Andreas | 27 Mei 2022, 11:00
Manajer Manchester City Josep Guardiola. (c) AP Photo
Manajer Manchester City Josep Guardiola. (c) AP Photo

Bola.net - Gerard Pique membeberkan pandangannya mengenai rivalitas Josep Guardiola dan Jose Mourinho. Ketika masih bersaing di Spanyol, dua pelatih top ini sering beradu taktik.


Era Guardiola di Barcelona memang terbilang luar biasa. Dia pernah mempersembahkan dua gelar Liga Champions, tiga gelar La Liga, dan dua Copa del Rey.

Biar begitu, Guardiola lantas memilih meninggalkan Barca pada tahun 2012. Dia bergabung dengan Bayern Munchen dan membuat sejarah besar di sana.

Diduga, kepergian Guardiola dari Barca juga dipengaruhi oleh keberadaan Jose Mourinho sebagai pelatih Real Madrid. Apa maksudnya?

1 dari 2 halaman

Guardiola kesal dengan Mou?

Pique adalah salah satu pemain yang merasakan betapa hebatnya Barca di era Guardiola. Dia tahu betul kualitas Pep sebagai pelatih.

Menurutnya, saat itu Pep mungkin kesal dengan ulah Mourinho yang sering menuai kontroversi. Bisa jadi, rivalitas dengan Mou adalah salah satu faktor pendorong kepergian Pep dari Barca.

"Kami meraih segalanya pada masa itu dan saya ingat ketika pertama kali Mourinho datang ke Camp Nou, dia kalah 0-5 dari kami," kata Pique.

"Namun, di sesi konferensi pers dia selalu seperti itu -- Anda pasti sudah tahu gayanya -- dan saya kira pada suatu titik, Guardiola merasa sudah berlebihan."

2 dari 2 halaman

Madrid juara dan Guardiola pergi

Mourinho kemudian terbukti berhasil menghentikan dominasi Barca dengan membawa Madrid jadi juara La Liga. Saat itu, Pique merasa bahwa Pep sudah muak dengan permainan Mourinho dan memilih pergi.

"Terkadang, apa yang terjadi di luar lapangan justru lebih penting di lapangan. Karena itu, Guadiola pergi," sambung Pique.

"Madrid menjuarai liga pada tahun itu dan tiba-tiba Pep memutuskan untuk pergi. Ada banyak alasan, tapi saya kira sebagian alasannya karena dia terlalu banyak berselisih dengan Mourinho," tandasnya.

Sumber: Manchester Evening News

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR