BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kalau Toni Kroos Meninggalkan Real Madrid, Siapa yang Pantas Menggantikan?

08-08-2020 01:05 | Yaumil Azis

Toni Kroos merayakan golnya ke gawang Celta Vigo di jornada 24 La Liga di Santiago Bernabeu, Senin (17/02/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Toni Kroos merayakan golnya ke gawang Celta Vigo di jornada 24 La Liga di Santiago Bernabeu, Senin (17/02/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Tidak bisa dimungkiri kalau Toni Kroos memegang peranan penting dalam kesuksesan Real Madrid beberapa tahun terakhir. Namun ada masanya gelandang asal Jerman itu harus meninggalkan Santiago Bernabeu.

Toni Kroos bergabung dengan Real Madrid pada tahun 2014 lalu, tepat setelah dirinya ditebus dari Bayern Munchen dengan nilai antara 24 juta euro hingga 30 juta euro. Sejak itu, Kroos sudah mengantongi total 277 penampilan.

Sebanyak 13 gelar telah ia persembahkan kepada klub berjuluk Los Merengues tersebut. Tiga di antaranya berasal dari pentas Liga Champions. Dan baru-baru ini, Kroos ikut membantu Real Madrid menjuarai La Liga.

Karena sosoknya yang begitu penting, Zinedine Zidane selaku pelatih pun jarang menyampingkan dirinya dari starting XI. Bisa dikatakan, Real Madrid cukup bergantung kepada kontribusinya di atas lapangan.

Namun ada waktunya di mana Kroos tidak bisa lagi memberi kontribusi kepada klub. Sekarang usianya sudah berkepala tiga, dan Kroos berencana untuk pensiun saat kontraknya bersama Madrid selesai pada tahun 2023 mendatang.

Tiga tahun bukan waktu yang sebentar. Oleh karenanya, Real Madrid harus mencari calon penggantinya. Sportskeeda telah menghimpun lima nama yang pantas mengisi pos gelandang Madrid pasca Kroos pensiun.

Informasi selengkapnya bisa disimak dengan melakukan scroll ke bawah.

1 dari 5 halaman

Dani Ceballos (Real Madrid/Dipinjamkan ke Arsenal)

Pemain Arsenal, Dani Ceballos. (c) AP Photo Pemain Arsenal, Dani Ceballos. (c) AP Photo

Real Madrid tidak perlu menggelontorkan uang lebih banyak lagi untuk menggunakan jasa Dani Ceballos. Sebab mantan gelandang Real Betis tersebut masih terikat kontrak dengan Los Merengues, setidaknya sampai sekarang.

Ceballos diberkati oleh sentuhan yang apik dan juga handal dalam menguasai bola. Pria berumur 24 tahun itu juga tahu persis rasanya memperkuat klub besar seperti Real Madrid. Saat ini, ia menjadi sosok kunci buat skuat Arsenal besutan Mikel Arteta.

Usianya terbilang cukup muda, sehingga diyakini bahwa Dani Ceballos masih bisa lebih baik lagi dari sekarang. Arsenal bisa menjadi panggung pembuktikan kepada Real Madrid bahwa dirinya punya potensi untuk menggantikan Kroos di masa mendatang.

2 dari 5 halaman

Fabian Ruiz (Napoli)

Fabian Ruiz (c) AP Photo Fabian Ruiz (c) AP Photo

Nama Fabian Ruiz telah berulang kali dikaitkan dengan Real Madrid. Wajar jika demikian, sebab Ruiz telah menunjukkan performa yang apik selama memperkuat salah satu raksasa Italia, Napoli.

Kemampuan taktik Ruiz semakin terasah selama bermain di Italia. Bukan cuma itu, ia juga bisa mengisi sejumlah tempat di lini tengah dan memiliki kemampuan untuk melepaskan diri dari ruang sempit yang diciptakan pemain lawan.

Tentu saja, Ruiz tidak perlu waktu beradaptasi yang panjang jika benar-benar pindah ke Real Madrid. Sebagai informasi, karir profesionalnya dimulai di La Liga saat masih membela Real Betis pada tahun 2014 lalu.

3 dari 5 halaman

Marco Verratti

Marco Verratti beraksi bersama timnas Italia pada laga uji coba melawan Amerika Serikat (21/11/2018). (c) Twitter Nazionale Italiana Marco Verratti beraksi bersama timnas Italia pada laga uji coba melawan Amerika Serikat (21/11/2018). (c) Twitter Nazionale Italiana

Untuk posisinya, Marco Verratti pantaslah untuk disebut sebagai salah satu pemain terbaik dunia. Ia sudah bergabung dengan PSG sejak tahun 2012 dan telah menarik beragam perhatian dari raksasa Eropa lainnya.

Apa yang dilakukan Verratti di lapangan kurang lebih mirip dengan seniornya, Andrea Pirlo. Ia memiliki kemampuan untuk menggerakkan permainan dengan kontrol bola yang cemerlang serta visi umpan apik.

Verratti pun bukan tipikal pemain yang sering memberikan assist atau mencetak gol. Wilayah persebarannya pun hanya di sekitar sisi tengah lapangan atau bahkan lebih dalam lagi mendekati area pertahanan sendiri, kurang lebih seperti Kroos.

4 dari 5 halaman

Paul Pogba (Manchester United)

Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (c) AP Photo Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (c) AP Photo

Pemain asal Prancis ini sudah dikaitkan dengan Real Madrid sejak lama. Menurut kabar, Pogba bisa saja meninggalkan Manchester United kapanpun dan jika sampai terjadi, Los Merengues akan menjadi tujuan pertamanya.

Mantan penggawa Juventus itu dikenal sebagai sosok yang menarik untuk disaksikan di atas lapangan. Pogba seringkali memainkan peran box-to-box karena memiliki atribut yang lengkap untuk bertahan maupun menyerang.

Mungkin Zinedine Zidane atau siapapun pelatih Real Madrid di masa mendatang harus mengubah sedikit gaya permainan jika Pogba menggantikan Kroos. Namun jika ia datang, Los Galacticos jilid sekian bisa kembali terjadi.

5 dari 5 halaman

Kevin De Bruyne (Manchester City)

Kevin De Bruyne mencetak gol dari titik putih pada duel Manchester City vs Liverpool. (c) AP Photo Kevin De Bruyne mencetak gol dari titik putih pada duel Manchester City vs Liverpool. (c) AP Photo

Jika ada yang pantas untuk disebut sebagai gelandang terbaik dunia, dia adalah Kevin De Bruyne. Pemain berkebangsaan Belgia tersebut telah membuat Manchester City jadi salah satu tim yang menakutkan di dunia saat ini.

De Bruyne memiliki kemampuan yang unik, di mana dirinya mampu mencetak gol ataupun memberikan assist. Bahkan di pentas Premier League, mantan pemain VfL Wolfsburg itu telah dinobatkan sebagai raja assist.

Pada musim ini, De Bruyne berhasil menciptakan 20 assist. Sebuah pencapaian yang hanya kalah dari bintang Barcelona, Lionel Messi. Ia bisa memberikan dimensi yang berbeda andai direkrut sebagai pengganti Kroos suatu hari nanti.

(Sportskeeda)

KOMENTAR