BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kalau Ini Terjadi, Koeman Bisa Terdepak dari Barcelona Tahun 2021 Nanti

20-08-2020 01:37 | Yaumil Azis

Ronald Koeman (c) AP Photo
Ronald Koeman (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona resmi mengontrak Ronald Koeman sebagai pelatih anyar sampai tahun 2022 mendatang. Namun ada situasi di mana dirinya bisa didepak dari kursi kepelatihan satu tahun dari sekarang.

Koeman ditunjuk sebagai pengganti Quique Setien yang dipecat beberapa hari lalu. Perlu diketahui bahwa sebelum didepak, Setien juga memiliki kontrak berdurasi dua tahun.

Keputusan pemecatan Setien, dan pengangkatan Koeman, hanya berselang beberapa hari setelah Barcelona tumbang di tangan Bayern Munchen. Seperti yang diketahui, keduanya salimg berhadapan di babak perempat final Liga Champions.

Tidak tanggung-tanggung, Barcelona dibantai habis-habisan dengan skor telak 2-8. Setien tidak bisa lagi menghindar dari kata pemecatan, apalagi ia juga gagal membawa Barcelona menjuarai La Liga musim ini.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Koeman Terancam Didepak Tahun Depan

Perlu diketahui bahwa sederet kegagalan ini bisa membuat Josep Maria Bartomeu kehilangan jabatannya sebagai presiden Barcelona. Pada tahun 2021 nanti, Bartomeu akan bertarung dalam pemilihan presiden Barcelona.

Jelas saja kalau pesaingnya, Victor Font, sedang berada di atas angin. Font sudah memiliki sejumlah rencana jika dirinya jadi presiden Barcelona tahun depan. Namun nama Koeman tidak tercatut dalam rencana tersebut.

"Jika saya menjadi presiden, Koeman takkan menjadi pelatih," buka Font saat berbincang dengan Cadena SER.

"Koeman adalah legenda Barcelona. Kami harus berterima kasih banyak kepadanya dengan kerumitan yang ada di klub saat ini, dan di ruang ganti, serta keputusan yang harus dibuat, dia telah menerima tantangan ini," lanjutnya.

"Kami harus mendoakan yang terbaik dan harapannya kami bisa meraih treble. Jika pada akhirnya itu dibutuhkan dan dia mau, dia masih bisa berkontribusi dalam proyek dengan cara lain, namun kami akan menerapkan proyek kami ke dalam strukter utama mulai dari wakil presiden sampai pelatih tim muda berdasarkan bagan organisasi yang kami persiapkan sejak lama."

2 dari 2 halaman

Xavi Sebagai Pengganti Koeman

Font juga sudah memiliki nama yang akan menggantikan Koeman jika dirinya menjadi presiden nanti. Sosok tersebut adalah legenda Barcelona lainnya yang sedang merintis karir di Qatar, Xavi Hernandez.

"Xavi paham bahwa semua kepingan dalam klub harus segera disatukan. Dewan direksi yang mengizinkan pemimpin proyek olahraga melakukan tugasnya, yang dalam kasus ini adalah dia." tambahnya.

Font juga percaya bahwa bintang Barcelona, Lionel Messi, mau bermain di bawah asuhan Xavi nantinya. "Messi benar-benar kecewa karena situasi kritis klub dalam hal olahraga, ekonomi dan organisasi."

"Saya meyakini bahwa Messi akan bermain di bawah asuhan Xavi pada tahun 2021 nanti," pungkasnya.

(Goal International)

KOMENTAR