BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Junior Firpo dan Cerita Kegagalan Barcelona Mencari Bek Kiri

29-04-2020 08:40 | Asad Arifin

Bek Barcelona, Junior Firpo (c) twitter.com/JuniorFirpo03 Bek Barcelona, Junior Firpo (c) twitter.com/JuniorFirpo03

Bola.net - Junior Firpo tidak mampu tampil meyakinkan dan merebut posisi utama di posisi bek kiri Barcelona. Kegagalan Junior Firpo melanjutkan kisah kegagalan Barcelona mencari pelapis Jordi Alba.

Junior Firpo bergabung dengan Barcelona pada awal musim 2019/2020 dari Real Betis. Harga resmi pemain kelahiran Rep Dominika tersebut adalah 18 juta euro, tetapi bisa melonjak hingga 30 juta euro andai semua klausul tercapai.

Saat masih bermain di Real Betis, Junior Firpo menjadi salah satu bek kiri tangguh di La Liga. Pada musim 2018/2019 lalu, dia memainkan 24 laga dan mencetak 23 gol. Junior Firpo pun menjadi incaran banyak klub.

Junior Firpo juga sempat membela timnas Spanyol U-21. Junior Firpo, bersama Dani Ceballos dan kolega, turut membawa Spanyol menjadi juara Euro U-21 2019 di Italia. Junior Firpo tampil pada empat laga secara penuh.

1 dari 3 halaman

Gagal di Barcelona

Junior Firpo diplot untuk menjadi penerus Jordil Alba yang sudah berusia 31 tahun. Dengan tenaga yang lebih besar, Junior Firpo diharap bisa menggusur Jordi Alba yang acap kali lengah saat bertahan.

Namun, baik pada era pelatih Ernesto Valverde maupun Quique Setien, Junior Firpo tidak mampu menembus tim utama Barcelona. Junior Firpo baru memainkan 12 pertandingan di La Liga, sembilan kali sebagai pemain inti.

Kehadiran Quique Setien sempat diharap menjadi angin segar bagi Junior Firpo. Sebab, mereka bekerja sama dengan apik di Real Betis. Bahkan, dikutip dari Marca, Setien tutut mendukung transfer Junior Firpo ke Barcelona.

Namun, sejauh ini Setien tidak cukup puas dengan penampilan Junior Firpo. Dia baru memainkan empat laga di La Liga pada era Setien, dengan dua kali sebagai pengganti.

2 dari 3 halaman

Alasan Junior Firpo

Junior Firpo punya pembelaan atas kegagalannya menembus tim inti Barcelona. Pemain berusia 23 tahun tersebut mengaku masih butuh waktu untuk adaptasi. Sebab, tidak mudah bermain untuk klub besar seperti Barcelona.

"Ini tahun pertama, saya masih butuh adaptasi. Saya tahu di mana saya akan bermain dan siapa yang menjadi pesaing saya, tapi saya sangat senang berada di sini," ucap Junior Firpo.

"Sebagai evaluasi tahun pertama di Barcelona, ​​perasaan itu kontras. Di satu sisi saya sudah bermain lebih dari yang saya bayangkan tetapi di sisi lain, di lapangan saya merasa gelap walau kami bermain bagus," kata Junior Firpo.

3 dari 3 halaman

Sulitnya Barcelona Mencari Bek Kiri

Junior Firpo bukan satu-satunya bek kiri Barcelona yang mengalami kesulitan. Barcelona sejatinya sudah sejak lama mencari bek kiri yang bisa bersaing dengan kompetitif dengan Jordi Alba.

Harapan itu sempat muncul saat Lucas Digne datang. Akan tetapi, pemain asal Prancis tersebut tidak mampu menggusur Jordi Alba. Akhirnya, Lucas Digne memilih pindah ke PSG.

Barcelona juga sempat mempromosikan dua pemain dari La Masia, Juan Miranda dan Marc Cucurella. Akan tetapi, kedua pemain juga tidak mampu bersaing di tim utama.

Sumber: Marca

KOMENTAR