BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jika Mau Bangkit, Real Madrid Disebut Wajib Reformasi Skuad

01-12-2020 09:09 | Ari Prayoga

Skuad Real Madrid merayakan gol Karim Benzema ke gawang Huesca dalam ajang La Liga, Sabtu (31/10/2020) malam WIB. (c) AP Photo
Skuad Real Madrid merayakan gol Karim Benzema ke gawang Huesca dalam ajang La Liga, Sabtu (31/10/2020) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Eks gelandang Real Madrid, Steve McManaman menyebut bahwa mantan timnya wajib melakukan perombakan total terhadap skuad mereka jika ingin bisa bersaing di Eropa lagi.

Musim lalu, Real Madrid sukses meraih gelar juara La Liga. Wajar jika ekspektasi terhadap tim asuhan Zinedine Zidane musim ini semakin meninggi.

Sayangnya, hingga kini Real Madrid masih tampil inkonsisten. Sukses mengalahkan tim-tim besar seperti Barcelona dan Inter Milan, Los Blancos harus menyerah ketika berhadapan dengan tim dengan level di bawah mereka.

1 dari 2 halaman

Penilaian McManaman

McManaman menjadi salah satu dari pihak yang kecewa dengan performa yang ditunjukkan Real Madrid musim ini, yang ia anggap sudah memancing amarah penggemar.

“Mereka sedang tertatih. Mereka tertatih-tatih di Liga Champions dan La Liga. Penampilan melawan Shakhtar [Donetsk, di Liga Champions] sangat mengerikan," ujar McManaman seperti dikutip Goal International.

“Mereka kalah dari Alaves di rumah dan bagusnya para fans tidak ada di sana. Jika mereka ada di sana maka mereka akan mendapatkan semua jenis pelecehan dan saputangan putih akan keluar," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Saran McManaman

Menurut McManaman, klub-klub Spanyol tak bisa berbicara banyak di jendela transfer karena tak mendapat uang hak siar dengan nilai besar seperti tim-tim Inggris.

Karena itu, McManaman pun pesimis Real Madrid bisa bersaing di Eropa jika mereka tak melakukan perekrutan pemain baru secara signifikan.

“Mereka memiliki skuad yang menua, [Eden] Hazard tidak bisa fit dan ketika dia melakukannya dia cedera. Mereka berada dalam kesulitan dengan para pemain lama ini dan mereka tertatih," tutur McManaman.

“Jika mereka ingin sukses seperti dulu, mereka perlu melakukan sesuatu di bursa transfer. [Luka] Modric berusia 35 tahun, Sergio Ramos berusia 34 hampir 35 tahun, [Karim] Benzema dan Toni Kroos memasuki usia di mana mereka tidak akan berkembang dan yang ada hanyalah bertambah buruk," lanjutnya.

“Mereka semua adalah pesepakbola luar biasa yang membuat sejarah di Real Madrid, tetapi tubuh Anda memberi tahu Anda ketika Anda tidak bisa mencapai ketinggian yang sama. Jika mereka ingin mencapai level yang sama, mereka membutuhkan pemain baru," tegasnya.

Sumber: Goal International

KOMENTAR