BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Januari 2020, Ketika Mauricio Pochettino Menolak Barcelona karena Prinsip

25-05-2020 14:05 | Asad Arifin

Mauricio Pochettino (c) AP Photo Mauricio Pochettino (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona mendekati Mauricio Pochettino untuk menjadi pelatih baru pada Januari 2020 lalu. Namun, lamaran Barcelona bertepuk sebelah tangan karena prinsip yang dipegang Pochettino untuk tidak melatih Barcelona.

Barcelona berada dalam situasi tak ideal pada awal 2020. Kegagalan di Supercoppa de Espana membuat posisi Ernesto Valverde sebagai pelatih digoyang. Valverde kemudian memang dipecat dari posisinya.

Setelah itu, beberapa nama masuk dalam kandidat pelatih baru Barcelona. Awalnya, Xavi Hernandez adalah pilihan utama. Namun, sang legenda belum siap kembali ke Camp Nou dan memilih bertahan di klub Qatar.

Klub Catalan lantas mengerucutkan pilihan menjadi dua nama yakni Ronald Koeman dan Pochettino. Kedua pelatih menolak. Tidak banyak pilihan tersisa. Barcelona lantas memilih Quique Setien sebagai pelatih baru.

1 dari 2 halaman

Lawatan Barcelona ke London

Pochettino dipecat Tottenham pada awal musim 2019/2020 karena performa buruk tim. Pemecatan ini membuat publik geger karena The Lily White tampil luar biasa pada musim 2018/2019 di bawah kendali Pochettino.

Pochettino dipecat Tottenham, tetapi tak serta merta ikatan dengan klub putus. Beberapa klausul masih berjalan dan hubungan Pochettino dengan klub London Utara masih terjalin apik.

Tottenham masih memegang kendali atas masa depan Pochettino hingga Mei 2020. Setiap klub yang ingin memakai jasa Pochettino harus menebus kontraknya ke Tottenham. Hal ini coba dilakukan pihak Barcelona.

Dikutip dari Marca, Barcelona mengirim delegasi ke London untuk melakukan pembicaraan dengan pemilik Tottenham, Daniel Levy. Barcelona sepakat dengan mahar yang harus dibayar untuk menembus kontrak Pochettino.

2 dari 2 halaman

Penolakan Pochettino Melatih Barcelona

Lawatan Barcelona ke London tanpa hasil. Tottenham bersedia melepas Pochettino ke Barcelona, tetapi pihak Pochettino menegaskan tidak ingin pindah ke Barcelona. Pochettino menolak Barcelona demi prinsip yang dipegang.

Di masa lalu, Pochettino berikrar tidak akan menjadi pelatih Barcelona. Dia tidak ingin menodai hubungan baik dengan Espanyol, rival sekota Barcelona.

Di masa lalu, Pochettino pernah membela Espanyol saat aktif sebagai pemain. Pria asal Argentina membela Espanyol pada 1994 hingga 2001. Dia juga pernah melatih Espanyol pada 2009 hingga 2012. Ikatan emosional yang terjalin membuat Pochettino tidak ingin melatih Barcelona.

Sumber: Marca

KOMENTAR