BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jangan Takut, Barcelona! Messi Disebut Bisa Bermain Sampai Nyaris 40 Tahun

05-05-2020 10:04 | Yaumil Azis

Bintang Barcelona, Lionel Messi (c) AP Photo
Bintang Barcelona, Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Pertanyaan terbesit di tengah publik belakangan ini: Bagaimana nasib Barcelona saat Lionel Messi memutuskan gantung sepatu? Namun sang legenda, Xavi, menganggap obrolan tersebut belum pantas dibicarakan sekarang.

Karir Messi di pentas sepak bola profesional sudah berjalan selama 16 tahun lamanya. Sebagaimana yang diketahui banyak orang, ia memulai perjalannya pada tahun 2004 lalu.

Sejak saat itu, ia sudah bermain untuk Barcelona sebanyak 718 kali di semua kompetisi. Tidak hanya itu, Messi juga membukukan total 627 gol. Angka yang sulit untuk dicapai oleh seorang pesepakbola pada umumnya.

Bukan hanya gol, Messi juga mempersembahkan 34 trofi dari berbagai kompetisi kepada Barcelona. Serangkaian prestasi apik itu sudah cukup untuk membuktikan bahwa Messi begitu penting bagi Barcelona.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Keyakinan Xavi

Usia Messi sekarang sudah 32 tahun. Itu artinya, tidak lama lagi pria asal Argentina tersebut gantung sepatu. Pertanyaan besar kemudian timbul: Bagaimana Barcelona selepas Messi pensiun.

Xavi sendiri tidak khawatir dengan itu. Sebab baginya, Messi bisa bermain sampai berusia mendekati 40 tahun. Pelatih Al Sadd itu begitu yakin karena Messi begitu peduli dengan kondisi tubuhnya.

"Dia masih punya waktu lima atau tujuh tahun yang sangat bagus di dalam dirinya," tutur Xavi soal Messi sewaktu berbincang dengan mantan rekan setimnya di Barcelona, Samuel Eto'o, melalui media sosial Instagram.

"Dia memperhatikan dirinya dengan baik dan bisa terus bermain sampai berusia 37, 38, atau bahkan 39 tahun. Ia akan bermain di Piala Dunia Qatar, saya yakin," lanjut Xavi.

2 dari 2 halaman

Ingin Kembali ke Barcelona

Dalam kesempatan yang sama, Xavi juga berbicara soal kans dirinya kembali ke Barcelona sebagai pelatih. Ia juga membicarakan soal tawaran yang datang pada bulan Januari lalu untuk menggantikan Ernesto Valverde.

"Pada bulan Januari, momennya tidak tepat. Saya sudah berbincang dengan Eric Abidal [direktur Barcelona] dan Oscar Grau [CEO Barcelona] dan sebuah tawaran besar, tapi itu bukan momen yang tepat," ucapnya.

"Saya masih butuh pengalaman. Melatih Barcelona adalah impian saya. Saya ingin melakukannya suatu hari nanti. Saya telah mengatakan itu berulang kali," tandasnya.

Penolakan Xavi membuat Barcelona harus mencari kandidat pengganti Valverde yang lainnya. Pada akhirnya, mereka memutuskan untuk mengangkat Quique Setien yang sebelum itu menukangi Real Betis.

(Goal International)

KOMENTAR