BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil Pertandingan Athletic Bilbao vs Real Madrid: Skor 0-2

17-01-2022 03:27 | Richard Andreas

Selebrasi skuad Real Madrid untuk gol Karim Benzema ke gawang Athletic Bilbao, final Supercopa de Espana 2022 (c) AP Photo
Selebrasi skuad Real Madrid untuk gol Karim Benzema ke gawang Athletic Bilbao, final Supercopa de Espana 2022 (c) AP Photo

Bola.net - Real Madrid berhasil menjuarai Supercopa de Espana 2021/22 usai mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 2-0 dalam duel final di King Fahd International Stadium, Senin (17/1/2022).

Sesuai prediksi, pertandingan di Riyadh, Arab Saudi itu berlangsung sengit. Madrid favorit, tapi bagaimanapun Bilbao adalah juara bertahan.

Kali ini pertandingan ditentukan oleh perbedaan level pemain kedua tim. Kedua gol Madrid dicetak oleh Luka Modric (38') dan Karim Benzema (52').

Bilbao sudah bermain dengan sangat baik, hanya kurang maksimal dalam penyelesaian akhir. Madrid juga beruntung punya Courtois.

Kemenangan ini mengantar Real Madrid meraih trofi pertama mereka musim ini, sekaligus jadi trofi pertama di era kedua Carlo Ancelotti.

1 dari 3 halaman

Babak pertama

Selebrasi Luka Modric usai mencetak gol di laga Athletic Bilbao vs Real Madrid, final Supercopa de Espana 2022 (c) AP Photo
Selebrasi Luka Modric usai mencetak gol di laga Athletic Bilbao vs Real Madrid, final Supercopa de Espana 2022 (c) AP Photo

Pertandingan langsung dimulai dengan intensitas tinggi. Madrid mencoba menguasai bola di 10 menit pertama. Bilbao terkurung dan harus menunggu kesempatan serangan balik.

Aliran bola Madrid tampak menyulitkan Bilbao. Hingga menit ke-20, Madrid masih mengurung Bilbao, tapi tidak ada serangan dominan. Sepakan Benzema masih bisa ditepis Simon.

Bilbao mulai mendapatkan ruang usai menit ke-20. Umpan silang De Marcos masih terlalu mudah bagi Courtois. Sebaliknya, sundulan Casemiro keras dan akurat, tapi Simon masih bisa menepisnya.

Menit ke-38, gol yang ditunggu-tunggu Madrid akhirnya tiba. Serangan balik cepat, Rodrygo lolos di sisi kanan dan meladeni Modric dengan umpan tarik. Gol! Sepakan Modric melengkung tak terbendung. Bilbao 0-1 Madrid.

Gol ini kembali membakar semangat skuad los Blancos. 10 menit akhir babak pertama, Madrid terus menggempur, tapi Bilbao melawan dengan garis tekanan tinggi.

Tidak ada gol tambahan di sisa babak pertama. Skor 0-1 mengantar para pemain ke ruang ganti.

2 dari 3 halaman

Babak kedua

Selebrasi Karim Benzema, striker Real Madrid (c) AP Photo
Selebrasi Karim Benzema, striker Real Madrid (c) AP Photo

Madrd menjaga tempo cepat yang sama di babak kedua. Mereka langsung menggempur Bilbao dan hasilnya mendapatkan hadiah penalti di menit ke-50.

Yeray dipastikan handball setelah wasit melihat tayangan ulang. Benzema maju sebagai algojo dan menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Gol! Bilbao 0-2 Madrid.

Bilbao membuat tiga pergantian pemain sekaligus untuk merespons kebobolan kedua. Hingga menit ke-70, Bilbao bermain lebih ofensif dan lebih agresif dari sebelumnya.

Gempuran Bilbao memaksa Madrid menjaga pertahanan lebih rapat. Los Blancos membiarkan lawan membawa bola dan menunggu kesempatan serangan balik.

Menit ke-87, giliran Bilbao yang mendapatkan penalti usai Militao dianggap melakukan handball. Militao pun diusir wasit dengan kartu merah langsung.

Raul Garcia maju sebagai algojo. Eksekusinya keras ke tengah gawang, Courtois sudah melompat ke kanan tapi masih bisa menghentikan bola dengan kakinya. Gagal! Bilbao 0-2 Madrid.

Tambahan waktu 5 menit tidak cukup untuk mengubah papan skor. Wasit meniup peluit panjang. Skor 2-0 untuk kemenangan Real Madrid.

3 dari 3 halaman

Susunan pemain

ATHLETIC BILBAO XI (4-4-2): Unai Simon; Oscar De Marcos, Yeray Alvarez, Inigo Martinez, Mikel Balenziaga (58' Mikel Vesga); Alex Berenguer (46' Nicholas Williams), Dani Garcia, Oier Zarraga (58' Yuri Berchiche), Iker Muniain (81' Nicolas Serrano); Oihan Sancet (58' Raul Garcia), Inaki Williams.

REAL MADRID XI (4-3-3): Thibaut Courtois; Lucas Vazquez (90' Nacho), Eder Militao, David Alaba, Ferland Mendy; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Rodrygo (64' Federico Valverde), Karim Benzema, Vinicius Junior (86' Marcelo).

KOMENTAR