BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hasil Pertandingan Alaves vs Barcelona: Skor 0-5

19-07-2020 23:57 | Dimas Ardi Prasetya

Skuat Barcelona rayakan golnya ke gawang Alaves. (c) AP Photo Skuat Barcelona rayakan golnya ke gawang Alaves. (c) AP Photo

Bola.net - Alaves dilumat Barcelona dengan skor 0-5 di pertandingan pamungkas La Liga 2019-20 di Stadion Mendizorroza, Minggu (19/07/2020) malam.

Barcelona tampil apik pada pertandingan ini. Mereka menguasai jalannya laga melawan Alaves dari awal sampai akhir.

Gol-gol Barcelona diborong empat pemain berbeda. Mulai dari Ansu Fati, Lionel Messi, Luis Suarez, hingga Nelson Semedo.

Messi sendiri tampil sangat apik. Ia mengemas dua gol dan satu assist.

Babak Pertama

Barca tampil ofensif begitu laga babak pertama dimulai. Tak butuh waktu lama bagi mereka untuk menciptakan peluang berbahaya di gawang sang tuan rumah. Pada menit ketiga, tendangan Puig dari luar kotak penalti nyaris berbuah gol, jika saja tak menghantam mistar gawang.

Alaves juga berusaha menyerang, namun mereka belum bisa memberikan ancaman berarti pada skuat Barca. Justru pada menit ke-12, Blaugrana nyaris mencetak gol melalui tendangan keras Vidal dari area sisi kanan dalam kotak penalti tuan rumah. Namun lagi-lagi, bola cuma menghantam mistar gawang. Empat menit berselang, Messi juga nyaris mencetak gol. Namun apes, bola tendangan keras kaki kirinya hanya menghantam tiang gawang sebelah kiri.

Usaha Barca akhirnya menuai hasil pada menit ke-24. Ansu Fati menusuk masuk dari second line ke kotak penalti, dan menyambar umpan Messi dari sayap kanan yang sempat membentur pemain lawan. 0-1.

Pada menit ke-27, serangan balik Barca nyaris membuahkan gol. Puig mengirimkan umpan terobosan pada striker asal Uruguay tersebut dan membuatnya bisa berhadapan dengan kiper. Namun sayang Suarez gagal memaksimalkannya karena kiper lawan masih bisa menghalau dan kemudian mengamankan bola.

Barca kemudian bisa mencetak gol lagi, tepat setelah turun minum, pada menit ke-34. Semua berawal dari umpan silang Roberto dari sayap kanan. Bola diterima oleh Puig. Berada di kotak penalti, ia tampak begitu tenang dan bisa mengukur situasi dengan cermat. Ia kemudian dengan tepat memberikan umpan pada Messi yang datang dari second line. Dengan mudah, La Pulga akhirnya berhadapan saja dengan kiper dan menaklukkannya. 0-2.

Pada menit ke-41, Barca nyaris mencetak gol lagi. Vidal menusuk masuk dari second line, tanpa pengawalan. Messi kemudian memberikan umpan matang pada pemain Chile tersebut. Vidal mampu menjangkau bola dengan tandukannya. Namun Roberto dengan sigap mampu menepis bola yang mengarah ke tiang jauh.

Pada akhirnya Barca bisa mencetak gol lagi pada menit ke-44. Performa kolektif apik dari para pemin Barca membuat Suarez bisa menanduk bola dengan bebas di tengah kotak penalti, memanfaatkan umpan Alba. 0-3.

Gol ini jadi penutup laga babak pertama. Alaves 0-3 Barcelona.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Alaves sempat mencoba untuk langsung membalas. Namun mereka masih belum juga bisa benar mengancam gawang Barcelona.

Justru akhirnya Barca yang bisa mencetak gol lagi. Pada menit ke-57, Nelson Semedo yang baru masuk ke lapangan, sukses menjebol gawang Alaves dengan tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti, memanfaatkan umpan terobosan Puig. 0-4.

Alaves sempat merepotkan Barca. Namun demikian Blaugrana tetap bisa mencetak gol lagi. Pada menit ke-75, Messi mencatatkan namanya lagi di papan skor dengan sontekan kaki kirinya, memanfaatkan umpan Alba. 0-5.

Barcelona kemudian sempat mencoba memberikan ancaman lagi. Beberapa di antaranya nyaris membuahkan gol melalui Suarez dan Braithwaite.

Namun pada akhirnya tak ada lagi gol tercipta pada babak kedua ini. Alaves pun dilumat Barcelona 0-5.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Alaves (4-4-2): Roberto; Aguirregabiria, Laguardia, Magallan, Marin; Mendez, Camarasa, Manu Garcia, Burke; Lucas Perez, Joselu.

Barcelona (4-3-3): Neto; Sergi Roberton, Araujo, Lenglet, Alba; Puig, Busquets, Vidal; Ansu Fati, Suarez, Messi.

KOMENTAR