BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Hantu' Kekalahan Real Madrid itu Bernama Marcelo

10-11-2020 08:27 | Asad Arifin

Bek kiri Real Madrid, Marcelo (c) AP Photo Bek kiri Real Madrid, Marcelo (c) AP Photo

Bola.net - Kekalahan atas Valencia menambah panjang statistik buruk Marcelo di Real Madrid. Bek kiri asal Brasil itu seolah menjadi 'hantu' kekalahan bagi Real Madrid saat dimainkan Zinedine Zidane.

Real Madrid kalah dengan skor 4-1 dari Valencia akhir pekan lalu. Laga pekan ke-9 La Liga 2020/2021 itu digelar di Mestalla, Senin (9/11/2020) dini hari WIB.

Zinedine Zidane tampil dengan sejumlah perubahan di line-up. Tidak ada nama Ferland Mendy yang selama ini tampil bagus di posisi bek kiri. Sebagai gantinya, Zidane memilih memainkan Marcelo.

Sisi yang dijaga Marcelo lantas menjadi titik lemah Real Madrid. Walau tiga dari empat gol yang dicetak Valencia terjadi dari titik putih, performa Marcelo dinilai cukup mengecewakan.

1 dari 2 halaman

Statistik Horor Marcelo

Fans Real Madrid mungkin cemas saat melihat statistik buruk yang dicatat Marcelo pada kepelatihan Zinedine Zidane yang kedua. Sebab, dia selalu ada di atas lapangan ketika Real Madrid menelan kekalahan.

Marcelo telah memainkan 28 laga untuk Real Madrid sejak Zidane kembali menjadi pelatih. Dari 28 laga itu, Madrid meraih 16 kemenangan, tiga hasil imbang, dan sembilan kekalahan.

Ya, Zidane mengalami sembilan kekalahan pada periode keduanya ini. Semuanya ketika Marcelo bermain.

Bagaimana statistik Real Madrid tanpa Marcelo? Los Blancos memainkan 29 laga tanpa mantan pemain Fluminense tersebut. Hasil yang didapat, Real Madrid mampu meraih 20 kemenangan dan sembilan laga berakhir imbang.

Zidane sendiri sejak awal tidak pernah kehilangan rasa percaya pada Marcelo. Walau, belakangan dia justru menjadi 'hantu' kekalahan Real Madrid.

2 dari 2 halaman

Kemunduran Sejak Musim 2019/2020

Marcelo punya kualitas yang tidak diragukan lagi. Lebih dari 10 tahun dia menjadi bek kiri terbaik Real Madrid, juga salah satu yang terbaik di dunia. Marcelo punya banyak gelar juara bersama Madrid.

Namun, musim 2019/2020 seolah menjadi era akhir kejayaan Marcelo. Performanya menurun menyusul rangkaian cedera yang dialami. Selama satu musim, Marcelo mengalami empat cedera dan harus banyak absen.

Gaya bermain Marcelo pun kini menjadi pertanyaan. Pemain asal Brasil ini sangat sering maju dan meninggalkan sisi kiri pertahanan Real Madrid. Sementara, hal yang sama juga sering dilakukan Sergio Ramos sebagai bek tengah.

Real Madrid sebenarnya punya Ferland Mendy, yang lebih muda dan bertenaga. Akan tetapi, Zidane belum sepenuhnya percaya pada pemain asal Prancis.

Sumber: Marca

KOMENTAR