BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gokil! Barcelona Bisa Saja Gabungkan Courtois dan Ter Stegen dalam Satu Tim

16-11-2020 10:20 | Richard Andreas

Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois (c) AP Photo Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona dikenal dengan benteng terakhir bernama Marc-Andre ter Stegen, kiper tangguh yang berulang kali menyelamatkan Barca dari hasil buruk. Sang rival, Real Madrid, pun memiliki kiper tangguh dalam diri Thibaut Courtois. Namun, bagaimana jika kedua kiper ini jadi milik Barca?

Ya, mantan direktur Barca, Javier Bordas, membongkar bahwa Blaugrana sempat bernegosiasi untuk mendatangkan Courtois pada tahun 2014 silam, sebelum kiper Belgia ini hengkang ke Santiago Bernabeu.

Courtois kesulitan pada musim pertamanya, tapi kini dia membuktikan diri sebagai salah satu kiper terbaik di era modern. Levelnya setara dengan Ter Stegen, sama-sama penting untuk tim.

Lalu, bagaimana proses Barca dalam memilih Ter Stegen dan bukan Courtois? Baca penjelasan Bordas di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Hampir rekrut Courtois

Tahun 2014 lalu, Barca sedang mengusung misi mencari kiper baru untuk menggantikan Victor Valdes. Sebagai petinggi yang ditugaskan, Bordas awalnya membidik Courtois yang saat itu bersinar di Atletico Madrid.

"Kami mempertimbangkan negosiasi untuk Courtois, dan sebelumnya saya sudah bicara dengan Sandro Rosell [mantan presiden Barca]," buka Bordas kepada Sport.

"Dia berkata bahwa jika ada peluang, kami akan melakukannya."

2 dari 3 halaman

Insting Zubizarreta

Meski begitu, sebelum Barca mulai melangkah mendekati Courtois, Bordas dicegah oleh Andoni Zubizarreta, yang menjabat sebagai direktur olahraga saat itu.

Dia memercayai instingnya untuk memilih Ter Stegen, yang sebenarnya saat itu tidak terlalu dikenal karena hanya membela klub sekelas Borussia Monchengladbach.

"Saya sudah membuka jalan untuk mendatangkan Courtois, tapi Zubi [Zubizarreta], dengan penilaian yang tepat, berkata bahwa dia ingin mendatangkan Ter Stegen," sambung Bordas.

"Dan keputusan kami tepat, sebab dialah kiper terbaik di dunia."

3 dari 3 halaman

Bisa keduanya

Pemburuan Courtois ternyata tidak berhenti di situ. Meski sudah membidik Ter Stegen sebagai target utama, Barca bisa saja merekrut Courtois sebagai kiper kedua.

Tentu kemungkinan ini menggiurkan, ada dua kiper top dalam satu tim. Namun, pada akhirnya posisi kiper kedua diberikan pada Claudio Bravo.

"Kami memutuskan mendatangkan kiper lainnya, Bravo, kiper hebat, tapi mungkin bisa saja kami memiliki Courtois dan Ter Stegen bersama," tutup Bordas.

Sumber: Sport

KOMENTAR