Gerard Pique dan Jordi Alba Cadangan, Tanda Bukan Pemain Penting Bagi Xavi?

Asad Arifin | 29 Agustus 2022, 07:51
Bek Barcelona Gerard Pique. (c) AP Photo
Bek Barcelona Gerard Pique. (c) AP Photo

Bola.net - Terdapat fakta unik di balik laga Barcelona vs Real Valladolid pada pekan ke-3 La Liga, Senin (29/8/2022) dini hari WIB. Pada duel di Camp Nou itu, Xavi tidak memainkan dua pemain senior yakni Gerard Pique dan Jordi Alba.

Barcelona meraih kemenangan dengan skor 4-0 saat menjamu Valladolid. Robert Lewandowski bermain bagus dengan mencetak dua gol. Sementara, dua gol lainnya dicetak Pedri Gonzalez dan Sergi Roberto.

Hasil ini menegaskan performa apik Barcelona. Sebelumnya, Barcelona menang atas Real Sociedad dengan skor 4-1. Kini, Barcelona berada di posisi ke-3 klasemen La Liga dengan raihan tujuh poin.

Di balik kemenangan dan performa apik itu, Xavi mengurangi peran dari dua pemain senior Gerard Pique dan Jordi Alba. Mereka bahkan tidak bermain di laga melawan Valladolid. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Kenapa, Xavi?

Pique dan Alba tidak bermain sama sekali pada duel melawan Real Valladolid. Mereka duduk manis di bangku cadangan. Xavi memainkan Jules Kounde di posisi bek tengah. Pique musim ini belum pernah bermain.

Sementara, di posisi bek kiri, Xavi lebih memilih Alex Balde. Ketika menang atas Sociedad, Xavi juga memilih Balde untuk bermain sejak menit awal. Alba baru dimainkan pada babak kedua, tepatnya menit ke-71.

"Saya mencoba jujur dengan setiap pemain dan memilih mereka yang saya melihat menunjukkan kinerja bagus," buka Xavi seperti dikutip dari SPORT.

"Bukan berarti saya tidak akan membuat kesalahan (dalam memilih pemain). Pique dan Alba akan bermain, menjadi pemain penting, mereka kapten, dan mereka menyadari semangat tim sebelum laga ini," tegas Xavi.

2 dari 3 halaman

Sudah Tidak Penting Lagi?

Selebrasi Jordi Alba usai mencetak gol penentu di laga Real Betis vs Barcelona, La Liga 2021/22 (c) AP Photo

Selebrasi Jordi Alba usai mencetak gol penentu di laga Real Betis vs Barcelona, La Liga 2021/22 (c) AP Photo

Gerard Pique dan Jordi Alba telah menjadi pilar penting Barcelona untuk waktu yang lama. Namun, dari sisi usia, mereka tidak lagi muda. Xavi tidak memberi jaminan mereka akan bermain reguler, tetapi masih penting.

"Ada banyak perbincangan soal mereka, kerendahan hati, dan bagaimana mereka menerima keadaan. Mereka bisa menjadi sangat penting bagi tim. Mereka akan bermain, tidak diragukan lagi, dan pasti menjadi penting," ucap Xavi.

Berbeda dengan Pique dan Alba, Xavi masih menaruh kepercayaan secara penuh ke pundak Sergio Busquets. Dia bukan hanya dipercaya sebagai kapten, tetapi terus masuk starting xi ketika memang dalam kondisi tersedia.

Sumber: SPORT

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR