BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Genap Sebulan, Ini 3 Awal Gaduh Quique Setien di Barcelona

14-02-2020 15:00 | Richard Andreas

Quique Setien (c) AP Photo Quique Setien (c) AP Photo

Bola.net - Quique Setien baru genap sebulan menangani Barcelona. Setien tidak bisa mengawali kariernya dengan tenang, segalanya terjadi begitu cepat dalam 30 hari, gaduh baik di dalam maupun di luar lapangan.

"Tidak sampai lima menit untuk menerima peran ini ketika ditawarkan pada saya," tutur Setien pada konferensi pers pertamanya di Barcelona, dikutip dari Sport.

"Jika harus jujur, saya tidak yakin Barca bakal melihat saya. Nama saya tidak punya banyak gelar, juga tidak ada riwayat pekerjaan yang bagus, tapi tim saya selalu memainkan sepak bola bagus."

Sejak saat itu, Setien mulai mempelajari banyak hal tentang klub. Dari ruang ganti sampai petinggi, akhirnya Setien memahami nama besar Barceona.

Bagaimana perjalanannya sejauh ini? Mengutip Sport, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Dua Rintangan

Lionel Messi usai pertandingan lawan Atletico Madrid di Supercopa de Espana. (c) AP PhotoLionel Messi usai pertandingan lawan Atletico Madrid di Supercopa de Espana. (c) AP Photo

Tidak pernah mudah menangani klub sebesar Barcelona, tapi pekerjaan Setien jauh lebih sulit. Dia tiba lewat proses yang tidak ideal, pemecatan Valverde dan penunjukkan Setien dianggap mendadak.

Setelahnya, Setien masih harus direpotkan dengan pertengkaran Lionel Messi dan Eric Abidal. Masalahnya karena Abidal menuding pemain-pemain Barca tidak memberikan yang terbaik selama di bawah Valverde.

Sekarang, Luis Suarez dan Ousmane Dembele cedera panjang. Pihak klub pun gagal mendatangkan striker pada bursa transfer Januari 2020 lalu. Sekarang pun Barca masih berusaha mendatangkan striker.

2 dari 3 halaman

Gaya Bermain Barca

Barcelona (c) AP PhotoBarcelona (c) AP Photo

Setien benar-benar memegang teguh gaya bermainnya. Di atas kertas, gaya bermain penguasaan bola ini sangat cocok dengan Barcelona.

Masalahnya, gaya sepak bola ini pernah berjaya di bawah Pep Guardiola bersama Xavi dan Iniesta 10 tahun yang lalu, Setien diragukan bisa menyamai level tersebut.

Perubahan drastis semacam ini jelas butuh waktu. Barca sudah telanjur terbiasa dengan gaya bermain pragmatis semasa ditangani Valverde, dengan tujuan utama kemenangan.

Sampai sekarang, Setien masih berusaha menemukan kombinasi pemain yang tepat

3 dari 3 halaman

Kekecewaan di Copa

Quique Setien (c) AP PhotoQuique Setien (c) AP Photo

Barca menyuguhkan salah satu performa terbaik mereka musim ini di San Mames, tapi akhirnya tersingkir dari Copa del Rey karena gol semata wayang Athletic Bilbao di menit ke-90.

Kegagalan ini menyakitkan, terlebih karena peluang juara Barca di La Liga dan Liga Champions musim ini tidak terlalu meyakinkan.

Setien bakal menghadapi sejumlah pertandingan sulit beberapa pekan ke depan dalam misi menggusur Real Madrid di puncak klasemen La Liga dan melaju di fase gugur Liga Champions.

Sumber: Sport

KOMENTAR